Cerita Mistis Gunung Haruman, Ada Harimau Jadi-jadian Salmin

Warga Desa Cipareuan, Abah Maman.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA – Gunung Haruman di Kabupaten Garut memiliki cerita mistis. Gunung yang memiliki lokasi di Kecamatan Cibiuk, Kadungora dan Kecamatan Leuwigoong itu punya cerita terkait harimau jadi-jadian.

Status Gunung Ibu di Maluku Utara Naik Jadi Siaga Level III

Cerita dari mulut ke mulut tentang harimau jadi-jadian ini sudah jadi mitos bagi warga setempat. Konon, harimau jadi-jadian itu jelmaan warga Kecamatan Cibiuk yang dulu tewas karena dimangsa harimau.

Salah seorang toko warga Kampung Curug, Cipareuan, Kecamatan Cibiuk, Abah Maman (76), menceritakan ikhwal munculnya harimau jadi-jadian. Dia mengatakan cerita ini  bermula saat salah seorang warga Cibiuk bernama Samin tewas dimangsa harimau.

Polisi Ungkap Motif Pelaku Pembunuhan Kakek di Garut

"Kejadiannya sebelum kemerdekaan RI tahun 1945, saya waktu itu belum lahir," kata Maman, Rabu 16 Maret 2022.

Namun, dia mengatakan harimau jadi-jadian jelmaan Samin sering muncul setelah tahun 1945. Menurutnya, cerita itu mencuat saat dirinya beranjak usia remaja.

Sebelum Diciduk, Pelaku Pembunuh Kakek di Garut Sempat Kabur ke Bandung dan Bekasi

Warga Kampung Curug, Abah Maman (76).

Photo :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat
 

Maman mengaku sejak kecil hingga saat ini merupakan seorang pemburu handal. Dia oleh warga setempat dijuluki Macan Haruman.

"Harimau jadi-jadian itu sering muncul di areal kebun yang dikelola ayah saya. Kadang-kadang wujud harimau, tapi kadang-kadang menampakkan diri seorang kakek-kakek," jelas Maman.

Dia mengaku kalau pamannya juga kerap melihat harimau jadi-jadian tersebut. Menurutnya, pesan dari paman agar dirinya bisa menjaga sikap.

Maman bilang agar bicara hati-hati dan tak bersikap sombong atau sompral istilah Bahasa Sunda. Dengan mengingat pesan itu, ia selalu bersikap baik saat berada di Gunung Haruman.

"Pokoknya harus bersikap baik, dan saya memang pernah bertemu satu kali dengan harimau itu," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya