Tekan Positivity Rate Jelang Lebaran, Vaksinasi di DIY DIgencarkan

Badan Intelijen Negara (BIN) DIY menggencarkan vaksinasi untuk masyarakat umum
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Intelijen Negara (BIN) terus menggencarkan vaksinasi untuk masyarakat umum di daerah. Upaya tersebut dilakukan mengejar target penurunan angka positivity rate Covid-19 ke bawah lima persen sesuai standar WHO.

Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

Koordinator Vaksinasi BIN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Adi Riyanto menyampaikan, target capaian vaksin booster untuk masyarakat DIY harus menyentuh angka 80 persen. Menurutnya, dengan target ini, masyarakat bisa lebih optimistis menyambut perayaan Idul Fitri mendatang.

"Mendekati lebaran, minimal 80 persen warga DIY harus sudah divaksin booster. Sehingga, meskipun mungkin masih akan ada pembatasan, pergerakan sosial yang cenderung tinggi tidak menyebabkan kembali naiknya positivity rate," ujar Adi dalam keterangan tertulis, Kamis, 17 Maret 2022.

Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta Mulai Menurun

Dia menjelaskan, jika 80 persen masyarakat DIY sudah divaksin, kekebalan komunal di masyarakat akan tercipta. Dengan begitu, masyarakat dapat bersilahturahmi dengan lebih aman dan nyaman saat perayaan lebaran. Tentu, dengan tetap menjalankan prosedur kesehatan yang sudah ditetapkan.

"Sehingga terbentuk herd immunity untuk mencegah penularan varian Omicron," pungkasnya.

Sama-sama dari Luar Kota, Anies-Cak Imin Baru Silaturahmi Lebaran di H+6 Idul Fitri

Dalam pelaksanaannya, Binda DIY menyediakan sentra vaksinasi di enam titik wilayah Yogyakarta. Adapun lokasi vaksinasi digelar di ruang publik yakni Universitas, Pusat perbelanjaan hingga pabrik.

Baca juga: Tak Perlu Khawatir, Warga Aceh Bisa Vaksinasi saat Hari Libur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya