Sayembara Rancang Kawasan dan Gedung IKN Berhadiah Rp3,4 Miliar

Maket dari pemenang desain Ibu Kota Negara Baru.
Maket dari pemenang desain Ibu Kota Negara Baru.
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di Ibu Kota Nusantara untuk Kompleks Istana Wakil Presiden, Kompleks Perkantoran Legislatif, Kompleks Perkantoran Yudikatif, serta Kompleks Peribadatan. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, IKN akan dibangun secara bertahap hingga tahun 2045, dengan mengusung konsep Future Smart Forest City of Indonesia sehingga tetap memperhatikan aspek lingkungan.

"Pada tahap awal tahun 2022-2024, pembangunan yang akan mulai dikerjakan diprioritaskan pada zona 1A-1 dan 1A-2 dari Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yang seluas 6.671 hektare," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Sabtu 26 Maret 2022.

 

Menteri PUPR dan Menteri Keuangan di Titik Nol IKN Nusantara.

Menteri PUPR dan Menteri Keuangan di Titik Nol IKN Nusantara.

Photo :
  • instagram @smindrawati

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti mengatakan, pembangunan ini tidak lepas dari visi KIPP, yakni model kota masa depan berbasis hutan dan kepulauan sebagai simbol transformasi dan kemajuan peradaban bangsa Indonesia.

Hal ini didukung tiga pilar, yakni pertama mencerminkan identitas bangsa, kedua menjamin keberlanjutan sosial ekonomi dan lingkungan, serta ketiga kota modern, cerdas berstandar internasional. Untuk itu, Kementerian PUPR mengundang masyarakat untuk terlibat dalam pembangunan IKN Nusantara ini.

"Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di Ibu Kota Nusantara bertujuan untuk mengundang keterlibatan masyarakat umum dalam proses penyusunan perencanaan konstruksi, sehingga mendapatkan desain terbaik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title