Puan Minta Umat Muslim Jaga Prokes Selama Ramadan

Ketua DPR RI Puan Maharani
Sumber :
  • Biro Setpres

VIVA – Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar umat muslim di Tanah Air tetap menjaga disiplin protokol kesehatan (prokes) selama menjalani ibadah di bulan Ramadan. Puan merasa bersyukur sebab di bulan Ramadan kali ini, umat muslim bisa menjalankan salat tarawih berjemaah di masjid. 

Bakrie Amanah Himpun Dana Rp 6,5 Miliar pada Ramadhan 2024 

“Kelonggaran-kelonggaran ini jangan membuat masyarakat lengah. Tetap disiplin, patuhi prokes. Kita tidak ingin angka penularan COVID-19 kembali naik,” kata Puan, Jumat, 1 April 2022. 
 
Lebih jauh Puan mengimbau umat muslim untuk mengikuti petunjuk pengelola tempat ibadah yang sudah berkoordinasi dengan Satgas COVID-19, dalam pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadan. 

“Saya senang, ormas-ormas Islam seperti Muhammadiyah sudah membuat aturan detail tentang pelaksanaan ibadah Ramadan di masjid,” ujarnya.

Indonesian Economy Grows 5,11 Percent in Q1 2024

Ketua DPR RI Puan Maharani.

Photo :
  • DPR

Hal itu, lanjut Puan, demi melindungi jemaahnya, agar tetap aman menjalankan ibadah di bulan suci tanpa mengurangi kekhusyukan. Puan juga menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan dilakukan selama menjalani ibadah di bulan Ramadan. Dengan disiplin protokol kesehatan, diharapkan angka penularan COVID-19 akan terus menurun.

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

“Sehingga kita nantinya juga dapat merayakan Idul Fitri dengan lebih leluasa, tidak seperti 2 tahun terakhir. Maka disiplin prokes selama beribadah saat Ramadan jadi pertaruhan untuk kita merayakan Lebaran nanti,” kata Puan.

Politikus PDIP tersebut pun kembali mengimbau kepada masyarakat yang belum menerima vaksin COVID-19, agar segera mendatangi sentra vaksinasi untuk mendapatkan vaksin. Puan mengingatkan, vaksinasi dapat membantu memberikan perlindungan dari bahaya virus COVID-19.
 
“Bagi warga yang belum vaksin, segera vaksin, termasuk yang belum booster. Karena selain melindungi diri, vaksin juga dapat melindungi orang lain, termasuk keluarga dan orang-orang yang kita sayangi,” kata mantan Menko PMK tersebut. 

Apalagi, bagi yang akan mudik, dimana jutaan orang akan bergerak serempak ke berbagai daerah. Selain prokes, menurut Puan, vaksinasi menjadi hal yang penting. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya