Ridwan Kamil Tegaskan Mulai Sikat Mafia Perusak Citarum

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • Adi Suparman/ VIVA.

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan, penindakan terhadap pelaku pencemaran sungai Citarum kembali dijalankan di 2022. Selain limbah pabrik, pihaknya juga mulai menertibkan Penataan Keramba Jaring Apung (KJA).

"Saya bersama Forkopimda, juga Komandan Sektor yang tergabung di Satgas Citarum Harum akan meningkatkan penegakkan hukum di tahun 2022. Setelah dua tahun pandemi, aspek penegakkan hukum tidak setinggi di tahun sebelum pandemi," kata Ridwan Kamil usai Rapat Koordinasi Evaluasi Tahunan Satgas Citarum di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin, 4 April 2022.

Ridwan memastikan tindakan ini selain penegakan hukum sekaligus menata ekosistem aktivitas perikanan DAS Citarum. "Salah satunya pembatasan KJA. Jaring apung ikan yang berlebihan akan kita tertibkan lagi di tahun 2022," katanya.

Menurutnya, perbaikan kondisi Sungai Citarum melibatkan banyak pihak dari 13 Kabupaten/ Kota, yang total jumlahnya 18 juta penduduk.

"Monitoring di lapangan masih ada isu persampahan yang ternyata perlu di koordinasikan dengan kepala daerah level Kota/Kabupaten," katanya. 

Menurut data yang dihimpun dari Tim Satgas Citarum Harum, selama t2021 ada 23 pelanggaran yang terjadi di sekitar perairan Sungai Citarum. Namun, penegakan hukum tersebut baru diberi sanksi adminstratif level ekonomi kerakyatan. 

"Selama tahun 2021 banyak dilakukan penegakan hukum, ada 23 pelanggaran di sektor KJA, tapi selama dua tahun (pandemi) yang dikenakan baru sanksi administratif," katanya.