Mendagri Bantah Ada Deklarasi Jokowi 3 Periode di Acara Apdesi

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian
Sumber :
  • ANTARA

VIVA - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengatakan bahwa tidak ada deklarasi Jokowi 3 periode di acara Silatnas yang diselenggarakan asosiasi pemerintah desa seluruh Indonesia (Apdesi) pada Selasa, 29 Maret 2022 di Istora, Jakarta.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Jokowi pada Silatnas APDESI 2022, di Jakarta, Selasa (29/03/2022).

Photo :
  • BPMI Setpres/Lukas

Hanya Spontanitas

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Yang terjadi, kata Tito, hanya spontanitas yang dilakukan peserta Silatnas di luar acara resmi.

"Tidak ada deklarasi, hanya spontanitas ketika Pak Jokowi masuk mobil (pulang)," kata Tito saat rapat kerja dengan Komisi II di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 5 April 2022.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Baca juga: Dukung Jokowi 3 Periode, Aparatur Desa Gelar Deklarasi Habis Lebaran

Wajar di Negara Demokrasi

Tito menilai tidak masalah kalau mereka menyampaikan aspirasi. Menurut dia, di negara demokrasi hal tersebut wajar-wajar saja dan dia mengaku tidak bisa melarang Apdesi untuk menyampaikan aspirasi.

"Jadi kalau mereka lakukan kegiatan berbau politik di luar masa kampanye saya tidak mempunyai kewenangan di sana karena tidak di atur di undang-undang, orang boleh sampaikan pendapat," kata Tito.

Sebelumnya, dalam rapat kerja tersebut, sejumlah anggota Komisi II DPR meminta klarifikasi dari Tito soal acara Silatnas Apdesi disebut terdapat deklarasi Jokowi 3 periode.

Komisi II juga meminta agar Tito bisa melarang para kepala desa untuk terlibat aktif dalam politik termasuk deklarasi Jokowi 3 periode.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya