Jelang Mudik, Budi Gunawan Gencarkan Vaksinasi Malam Hari

BIN Bali gelar vaksinasi malam hari
BIN Bali gelar vaksinasi malam hari
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dua Lebaran tak mudik akan menjadi alasan kuat masyarakat untuk pulang kampung  Lebaran tahun ini. Apalagi Pemerintah sudah mempersilahkan masyarakat bepergian merayakan Idul Fitri, memanfaatkan pelonggaran sosial dan cuti bersama 29 April hingga 6 Mei yang diumumkan Presiden Jokowi, Rabu lalu, 6 April 2022.

“Cuti bersama ini dapat digunakan untuk bersilaturahmi dengan orang tua, dengan keluarga dan handai tolan di kampung halaman, namun perlu tetap saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Arus mudik tentu berarti mobilitas dan interaksi sosial yang tinggi. Menurut Presiden, diperkirakan jumlah pemudik tahun ini mencapai 85 juta orang. 53 persen di antaranya menggunakan transportasi umum, 47 persen membawa kendaraan pribadi. 

Mobilitas dan interaksi sosial yang tinggi berarti risiko penularan Covid-19 yang juga tinggi. Karena itulah Presiden menginstruksikan percepatan vaksinasi di samping disiplin protokol kesehatan. Telah divaksin hingga dosis booster menjadi persyaratan bagi mereka yang ingin mudik tahun ini.

"Bersegeralah melengkapi dengan vaksin booster, harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin dan harus selalu bermasker pada saat di tempat umum atau dalam kerumunan," ujarnya.

Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan (kiri)

Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan (kiri)

Photo :
  • Istimewa

Menindaklanjuti instruksi ini, Badan Intelijen Negara (BIN) – sebagai salah satu lembaga yang ditugaskan mempercepat vaksinasi – melanjutkan keberhasilannya melancarkan vaksinasi door to door (jemput bola) dengan program Safari Vaksinasi Malam Hari.