Kemenag Gandeng Kominfo Bikin Platform Khusus Pendidikan Madrasah

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • Antara

VIVA – Kementerian Agama dan Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun platform bagi siswa madrasah di seluruh Indonesia. Aplikasi itu pun diluncurkan hari ini. 

Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan, platform ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan belajar siswa untuk dapat mengasah kompetensi diri. Khususnya pembelajaran yang bermakna di setiap satuan pendidikan madrasah. 

"Melalui madrasah bertekad untuk bisa membuka akses layanan pendidikan yang mudah dijangkau oleh seluruh anak bangsa," ujar Yaqut saat peluncuran di Kantor Kemenag, dikutip dari keterangannya, Jumat, 8 April 2022.

Kemenag Berikan Bantuan untuk Pendidikan Islam dan Pesantren: Simak Syarat dan Ketentuannya

Yaqut menjabarkan, platform ini telah dirancang selama dua tahun bersama dengan Kementerian Kominfo. Mandiri Belajar ditargetkan untuk bisa mendukung capaian nasional pemberlakuan kurikulum merdeka di madrasah. 

Kemenag, lanjut Yaqut, berikhtiar maksimal untuk mampu mengintegrasikan kurikulum merdeka dengan kekhasan madrasah. Di sisi yang lain, kekhasan dan nilai-nilai kemadrasahan terus bisa terpelihara di tengah kemajuan zaman. 

Inspiratif! Sejak Usia 15 Tahun Gabung UNICEF, Pemuda Ini Beri Les Gratis ke 10 Ribu Anak Pelosok

"Kita selalu berusaha bisa menyiapkan siswa madrasah untuk mampu menghadapi tantangan masa depan dengan cerah dan penuh harapan," tuturnya. 

Peluncuran platform online untuk pendidikan madrasah.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenag.

Di tempat yang sama, Senior Client Partner Indonesia dari Tata Consultancy Services Durga Prasad Uppu mengatakan, platform online ini disediakan dalam rangka mewujudkan digitalisasi di bidang pendidikan. Serta mendukung program Kementerian Kominfo dan Kementerian Agama RI, 

"Ini dapat diakses darimana pun tanpa batas. Sistem berbasis cloud ini mampu memberikan ruang interaksi antara guru dan murid layaknya Virtual School," ungkapnya. 

"TCS selalu berkomitmen untuk mendukung upaya Pemerintah dalam hal pembaharuan teknologi dan informasi menuju era digitalisasi,” tambahnya.

Sementara itu Menteri Kominfo Johnny G Plate mengatakan, platform Mandiri Belajar adalah suatu upaya konkrit transformasi pendidikan berbasis digital di Indonesia. Yang sejatinya ditujukan untuk menunjang implementasi kurikulum mandiri pada madrasah di bawah naungan Kementerian Agama.

"Kominfo, kami dari sisi informatika akan memberikan dukungan, pendampingan, dan bimbingan teknis informasi dan teknologi yang diperlukan,"  ungkap Johnny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya