Profil Rahmat Bagja Anggota Bawaslu Periode 2022-2027

Rahmat Bagja
Sumber :
  • bawaslu.go.id

VIVA – Rahmat Bagja merupakan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang terpilih untuk periode 2022-2027. Penetapan keanggotaannya ditetapkan oleh Komisi II DPR setelah dilakukan uji kelayakan dan kepatutan pada Kamis, 17 Februari 2022. 

MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan

Sebelumnya Rahmat Bagja juga merupakan petahana di Bawaslu dan pada saat ini kembali terpilih menjadi anggota Bawaslu tersebut mungkin membuat masyarakat penasaran dengan sosoknya. Berikut ini profil Rahmat Bagja sebagai anggota Bawaslu terpilih untuk periode 2022-2027. 

Pendidikan

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Rahmat bagja yang lahir pada 10 Februari 1980 di Medan ini menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasarnya (SD) SD di Kebon Baru VII, Cirebon. Sementara jenjang pendidikan Sekolah Menengan Pertama (SMP) diselesaikan Bagja di SMPN 2 Bogor. Sedangkan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) diselesaikan di SMUN 2 Bogor. 

Bagja kemudian melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di  Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) pada tahun 1998-2003. Saat menjadi mahasiswa, Bagja pernah menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa di Fakultas Hukum, UI pada periode 2001-2002 dan Ketua Umum Komisariat HMI FH UI pada periode 2000-2001.

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri

Pendidikannya dilanjutkan dengan menempuh kuliah di Fakultas Hukum Utrecht University, Belanda pada tahun 2008-2009. Sebagai informasi, saat itu Bagja juga menjabat sebagai Ketua Umum PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Utrecht. Kemudian Bagja melanjutkan lagi pendidikannya dengan mengambil Program Doktor Ilmu Hukum pada tahun 2010-2014. 

Aktif berkegiatan

Seperti yang dilansir dari laman resmi Bawaslu, Bagja diketahui aktif tergabung dalam Gerakan Mahasiswa untuk era Reformasi. Ia pernah menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia pada tahun 2001-2002, Ketua Umum Komisariat HMI FHUI (2000-2001) dan menjadi Wakil Koordinator Lembaga Pengelolaan Kader HMI Cabang Depok sekaligus menjadi Wakil Sekretaris Umum PTKP HMI Cabang Depok pada tahun 2001-2003.

Bagja juga pernah menjadi Sekretaris Jenderal Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Seluruh Indonesia (ISMAHI), yang dimana merupakan sebuah organisasi berbentuk konfederasi yang mewadahi seluruh Senat Mahasiswa/Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum seluruh Indonesia pada tahun 2002-2004. Setelah itu dirinya juga pernah menjadi peneliti junior pada Pusat Konstitusi Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada pertengahan tahun 2003 dan diawasi oleh pakar tata negara, Prof. Dr. Jimly Ashshiddiqie dalam keterlibatannya pada proyek penelitian dari MPR RI untuk melakukan analisis terhadap produk hukum MPR.

Seorang dosen

Rahmat Bagja mulanya merupakan seorang dosen tetap di Fakultas Hukum Universitas Al Azhar Indonesia dan Tenaga Ahli MKD DPR RI sebelum akhirnya mengikuti seleksi sebagai anggota Bawaslu pada 2017 dan kini terpilih menjadi anggota Bawaslu periode 2022-2027. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya