Pakar Hukum Tegaskan Binary Option adalah Judi, Uang Tak Bisa Kembali

Direktur Pascasarjana Universitas Borobudur Faisal Santiago.
Direktur Pascasarjana Universitas Borobudur Faisal Santiago.
Sumber :
  • Dok. Universitas Borobudur.

VIVA - Direktur Program Doktor Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Borobudur, Faisal Santiago, menegaskan bahwa binary option adalah tindak pidana perjudian sekaligus pencucian uang. Menurutnya, siapapun yang terlibat, termasuk bank yang menampung uang hasil kejahatan binary option harus ditindak.

"Itu adalah judi. Saya tegaskan kalau pemerintah konsisten larang perjudian, harus bergerak dan tegas juga," kata Faisal di Jakarta, Selasa, 12 April 2022.

Faisal menuturkan penyelenggara hingga pemainnya harus ditindak sesuai pasal perjudian. Sedangkan bank-bank yang menampung uang hasil judi itu juga kena pasal perjudian sebab masuk dalam kategori turut serta.

Sistem Peringatan Dini

Ia pun meminta pemerintah meningkatkan sistem peringatan dini (early warning system) agar binary option yang tergolong perjudian online segera bisa ditindak dan diberantas.

"Kalau konsens soal perjudian harus diberantas sampai akar. Perlu partisipasi masyarakat terpilih dalam EWS atau peringatan dini. Kalau andalkan polisi tidak cukup," katanya.

Baca juga: Bareskrim Bongkar Cara Binomo Masuk RI Lewat Brian Edgar Nababan