Cara Cek Penerimaan Bansos Minyak Goreng Rp300 Ribu

Minyak goreng harga Rp18.000 untuk wilayah Purwakarta.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng disebut bakal cair paling lambat seminggu sebelum lebaran 2022 dengan nominal Rp300.000 kepada masyarakat.

Daftar Harga Pangan 7 Mei 2024: Beras Turun, Daging Ayam hingga Gula Naik

Bantuan tersebut diberikan oleh pemerintah merespons kenaikan harga-harga komoditas yang saat ini mengalami kenaikan. Nantinya, sebanyak 20,65 juta keluarga penerima PKH dan bantuan sosial pangan akan menerima bantuan Rp300.000 untuk tiga bulan.

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Pos Indonesia Kembali Salurkan Dana Bansos PKH dan Sembako di Mataram

Dilansir dari laman Kementerian Sosial Republik Indonesia. Kemensos memastikan adanya pengawasan berlapis untuk memastikan penyaluran BLT Minyak Goreng tepat sasaran. Menggunakan aplikasi berbasis teknologi digital, masyarakat juga dapat berpartisipasi  melakukan pengawasan.

“Masyarakat bisa berpartisipasi melakukan melakukan pengawasan dengan mengakses situs cek bansos. Di dalamnya ada data penerima PKH dan BPNT yang tentu saja termasuk penerima BLT Minyak Goreng,’ jelas Sekjen Kemensos Harry Hikmat di Jakarta.

Daftar Harga Pangan 2 Mei 2024: Cabai Merah hingga Gula Naik

Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bias mengecek apakah terdaftar sebagai penerima manfaat. Sekjen menjelaskan, Aplikasi cek Bansos juga dilengkapi dengan menu “usul” dan “sanggah”. Penerimaan BLT Minyak Goreng bisa di cek melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id berikut caranya.

1.  Melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id

-          Masukan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan

-          Masukan nama Penerima Manfaat sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP)

-          Ketikan atau input 8 huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode

-          Setelah berhasil, klik tombol cari data. Nantinya system Cek Bansos Kemensos akan mencari nama penerima manfaat berdasarkan wilayah yang anda input.

2.  Melalui Aplikasi Mobile Cek Bansos

-          Download atau unduh aplikasi Cek Bansos melalui Play Store.

-          Pilih menu Cek Bansos, lalu masukan data diri sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP)

-          Klik “cari data’, kemudian akan muncul tampilan menu informasi apakah kamu penerima  manfaat BPNT atau PKH.

BLT Minyak Goreng menjangkau sasaran sebanyak 20,65 juta KPM, yaitu 18,8 juta KPM BPNT dan 1,85 juta KPM PKH yang belum terdaftar sebagai penerima BPNT. Bantuan diberikan sebagai bantalan guna membantu meningkatkan daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga.

Besaran bantuan BLT Minyak Goreng Rp 100.000 setiap bulan yang diserahkan sekaligus untuk tiga bulan yaitu April, Mei dan Juni. Dengan bantuan yang diberikan bagi masyarakat yang memenuhi syarat akan menerima bantuan total Rp300.000 pada April 2022. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya