Kreatif, Kakek Ini Bikin Relief Wajah Ganjar Pakai Tanah Liat Ditutul

Wiyono, perajin, membuat seni kriya berbahan tanah liat berbentuk wajah Ganjar.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Wiyono atau Mbah Yono, perajin berusia 77 tahun, asal Kabupaten Temanggung ini memang kreatif. Meski sudah tua, ia tetap terus berkarya. Salah satu keahliannya adalah seni kriya dengan bahan tanah liat

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Di tangannya, beragam wajah tokoh pun dibuat dengan tanah liat. Uniknya ia membuatnya dengan dengan sistem tutul, yang meski sederhana tapi hasilnya luar biasa. Salah satunya yang terbaru adalah relief wajah Ganjar Pranowo.

Saat membuat, tangan Mbah Yono bergetar karena usia tua. Tapi ia tetap bisa konsentrasi penuh mengerjakannya. 

Kontestasi Tak Hanya Berebut Kursi dan Dibagi-bagi, Alasan Ganjar Tak Mau Gabung Pemerintah

Berbekal foto, ia pun membuat langsung begitu saja menterjemahkannya menjadi relief wajah tanah liat. Semuanya sangat detail. Mulai dari mata, hidung, mulut, rambut hingga kerut pipi. Dari situ hadirlah ekspresi tokoh sesuai yang dirancang.

Wiyono, perajin, membuat seni kriya berbahan tanah liat berbentuk wajah Ganjar.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno
Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Setelah bentuknya mirip objeknya dan tanah liat sudah setengah kering, Mbah Yono kemudian mencocok atau mentutul dengan alat paku. Hasil tutulan itulah yang kemudian menghasilkan bentuk wajah yang jelas dan berkarakter. 

Mbah Yono mengungkapkan, ia dulu seniman patung. Tapi sempat berhenti karena usaha membuat genteng. Namun saat usahanya mulai ia pun mengolah tanah liat yang awalnya sebagai bahan baku genteng menjadi karya seni. 

"Lewat proses pencarian dan uji coba juga, maka ketemulah cara tutul itu untuk membuat seni wajah dari tanah liat. Setahu saya, belum ada seni tekstur tutul seperti ini," ujarnya.

Ada sekitar empat karya berbentuk wajah tokoh, salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. "Saya sangat senang kalau Pak Ganjar bisa rawuh dan melihat karya ini," kata Mbah Yono.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya