Tiga SMA di Makassar 100% Tak Lulus UN

Ujian Nasional
Ujian Nasional
Sumber :
  • Antara/Arief Priyono

VIVAnews -- Hasil Ujian Nasional (UN) 2010 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat untuk wilayah Kota Makassar diumumkan, Senin, 25 April 2010. Hasilnya, terdapat tiga sekolah yang 100 persen dinyatakan tidak lulus.

Ketiga sekolah yang dinyatakan tidak lulus 100 persen adalah SMA Mandiri, SMA Syekh Yusuf Zamman dan SMK Phinisi.

"Data yang kami peroleh, sekolah yang tidak lulus 100 persen itu semuanya sekolah swasta," kata Ketua Panitia Ujian Nasional (UN) Makassar, Ismunandar di Makassar, Senin siang.

Menanggapi itu, Kepala Sekolah SMA Mandiri, M. Roslan menilai, gagalnya siswa didik ada di tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Sosiologi dan Biologi. "Hasil ditiga mata pelajaran tersebut sangat minim, dan mempengaruhi nilai mata pelajaran lainnya," terang M Roslan kepada VIVAnews.

Pada kesempatan sama, M Roslan membantah jika tidak lulus 100 persen siswanya akibat kualitas. "Ini hanya faktor teknis," tegasnya.

Meski demikian, para siswa diminta untuk tidak kecewa dan pada tanggal 11-14 Mei mendatang, akan ada ujian ulangan susulan.

Sementara itu, berdasarkan data, tingkat kelulusan UN SMA di Makassar tahun ini mencapai 90,18 persen atau dari 11.948 siswa SMA yang ikut UN, dan 10.775 siswa dinyatakan lulus. (hs)

Laporan: Rahmat Zeena | Makassar