Kapolres Beberkan Detik-detik Pemusnahan Petasan Rusak Rumah Warga

Ledakan petasan bikin rumah warga terbakar
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Puluhan rumah di Bangkalan, Madura rusak akibat ledakan mercon dan petasan yang dimusnakan Polres Bangkalan. Padahal rumah warga berjauhan dengan lokasi pemusnakan petasan dan mercon tersebut.

Bekas Hunian Lapas Kelas IIA Kerobokan Bali Ludes Terbakar

Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino mengatakan tidak menyangka jika pemusnahan ini berakibat fatal dan merugikan warga sekitar.

"Ini di luar dugaan karena berdasarkan analisa tim Penjinakan Bahan Peledak (Jihandak) Sat Brimob Polda Jatim itu berdaya ledak rendah atau eksplosif artinya tidak akan berdampakkepada masyarakat," ujar Alith, Sabtu 16 April 2022.

Rumah Kebakaran di Simalungun, Dua Balita Tewas

Tim Jihandak Brimob ledakan kotak penuh paku di Malang, 20 April 2016.

Photo :
  • Viva.co.id/D.A.Pitaloka

Alith menjelaskan, yang terjadi di lapangan ternyata berbeda dari analisa. "Pada saat kejadian memang di luar perkiraan karena ternyata di lapangan memang berbeda," kata Alith.

Polisi Amankan Bocah Pemicu Kebakaran Bekasi, Lebaran Muhammadiyah Diprediksi Sama dengan Pemerintah

Total barang sitaan yang rencananya diledakkan pada hari ini adalah sebanyak 24.000 butir petasan, dan 1 kuintal obat mercon.

"Namun baru 12.000 butir petasan yang diledakkan, sisanya akan dibawa oleh tim Gegana ke Polda Jatim," katanya.

Polres Bangkalan mengatakan siap mengganti rugi atas kerusakan yang terjadi.

"Kami Polres Bangkalan akan bertanggung jawab untuk mengganti rugi kemudian kami mohon bantuan pada tokoh setempat yaitu RT atau RW untuk mendatakan rumah-rumah atau kediaman yang terdampak dari disposal tadi kalau sudah terdata silakan hubungi kami nanti akan kami cek dan akan kami ganti rugi," ujar Alith.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya