BIN dan Ikageo ITNY Gencarkan Vaksinasi Booster di Malam Hari

Vaksinasi booster digelar BIN DIY dan IKAGEO ITNY
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi (Yogyakarta)

VIVA – Badan Intelijen Nasional (BIN) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Ikatan Keluarga Alumni Geologi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (IKAGEO ITNY) menggelar vaksinasi massal di Hotel Sahid Jaya, Kabupaten Sleman, Jumat 15 April 2022. Vaksinasi booster ini menargetkan mahasiswa dan masyarakat umum sebagai penerima vaksin. Total ada lebih kurang 250 dosis vaksin yang disediakan.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Koordinator Vaksin BIN DIY Adi Riyanto mengatakan kegiatan vaksinasi massal ini dilakukan untuk memercepat capaian vaksinasi. Selama bulan Ramadan ini, Adi mengatakan vaksinasi digelar seusai buka puasa atau malam hari.

Adi menuturkan vaksinasi di malam hari ini mendapatkan sambutan antusias dari masyarakat. Masyarakat dinilai Adi banyak yang mengikuti vaksinasi di malam hari usai menjalankan ibadah puasa.

Kepala BIN Lepas Jakarta BIN dan STIN BIN Untuk Proliga 2024, Megawati Ungkap Harapan

"Vaksinasi di malam hari, masyarakat lebih antusias terutama saat bulan Ramadan seperti saat ini. Kita melakukan vaksinasi seusai buka puasa dan seusai Shalat Tarawih,"ungkap Adi dalam keterangannya, Minggu 17 April 2022.

Vaksinasi massal digelar di Kalimantan Timur

Photo :
  • Istimewa
Kepala BIN: Kita Sangat Optimis, Tim Voli BIN Bisa Jadi Juara Proliga 2024

Adi menuturkan percepatan vaksinasi ini dilakukan agar kekebalan komunal segera terwujud di masyarakat. Adi memaparkan saat ini di DIY capaian vaksinasi dosis ketiga atau booster telah mencapai angka 26 persen.

Adi menjabarkan, DIY menjadi salah satu tujuan bagi pemudik. Selain itu menjadi salah satu destinasi bagi pemudik untuk menghabiskan masa libur Lebarannya. Untuk itu vaksinasi dosis ketiga harus digenjot untuk memaksimalkan perlindungan diri kepada masyarakat.

Vaksin untuk Mahasiswa yang Ingin Mudik

Sementara Wakil Ketua IKAGEO ITNY Mudor Musa mengatakan, vaksinasi digelar juga untuk memfasilitasi mahasiswa yang berkuliah di DIY yang ingin mudik Lebaran ke kampung halamannya.

"Di DIY banyak mahasiswa dari luar daerah. Mereka ingin mudik ke kampung halamannya saat Lebaran. Vaksinasi COVID-19 kita ketahui menjadi salah satu syarat untuk mudik," ungkap Mudor.

Mudor menjabarkan vaksinasi sengaja digelar di kawasan Babarsari yang merupakan salah satu tempat dengan jumlah kampus dan mahasiswa yang cukup banyak di DIY. Harapannya vaksinasi yang digelar hari ini bisa memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga.

Sedangkan Rektor ITNY Ircham menambahkan, vaksinasi yang digelar ini ada kurang lebih 250 dosis yang disiapkan. Selain untuk mahasiswa ITNY, vaksinasi COVID-19 ini juga diikuti mahasiswa dari kampus lain maupun masyarakat umum.

"Kebetulan yang ikut tidak cuma mahasiswa kami saja. Ada mahasiswa dari kampus lain juga maupun masyarakat umum. Vaksinasi yang diadakan ini merupakan bagian dari ITNY ikut mensukseskan program vaksinasi yang dibuat oleh pemerintah," tutur Ircham.

Terpisah, Putri Aulia salah seorang mahasiswa yang mengikuti vaksinasi menuturkan dirinya sengaja mencari vaksin booster karena ingin mudik di libur Lebaran mendatang. Putri juga memilih vaksinasi malam agar bisa maksimal memersiapkan diri untuk vaksin.

"Kan vaksin jadi syarat mudik. Makanya saya mau mudik ke Bengkulu sengaja cari vaksin dulu. Sengaja cari yang malam hari, kalau siang puasa takutnya nanti badannya gak siap," ungkap Putri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya