Gunung Anak Krakatau Kembali Meletus

Erupsi Gunung Anak Krakatau
Erupsi Gunung Anak Krakatau
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA - Gunung Anak Krakatau (GAK) di Perairan Selat Sunda kembali meletus hari ini, Senin, 18 April 2022. Dalam laporan yang disusun oleh Fahrul Roji, erupsi pertama terjadi pukul 07.14 WIB, dengan ketinggian abu mencapai 700 meter dari atas puncak, dengan abu berwarna hitam. Amplitudo maksimumnya 60 mm dengan durasi 1 menit 37 detik.

(Ilustrasi) Gunung Anak Krakatau menghembuskan abu vulkanik.

(Ilustrasi) Gunung Anak Krakatau menghembuskan abu vulkanik.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Abu Berwarna Kelabu

Erupsi selanjutnya, masih di tanggal yang sama, terjadi pukul 11.04 WIB dengan ketinggian abu mencapai 700 meter dari puncak. Abu berwarna kelabu itu mengarah ke barat daya dengan amplitudo maksimum 45 mm dan berdurasi 1 menit 45 detik.

Erupsi terbaru terjadi pukul 12.46 WIB dengan ketinggian kolom abu mencapai 700 meter dari puncak. Amplitudo maksimum 47 mm dan berdurasi 53 detik itu mengeluarkan abu berwarna kelabu mengarah ke barat daya.

Kemudian dalam laporan yang disusun oleh Deny Mardiono, petugas pos pantau GAK Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, melarang masyarakat, nelayan maupun wisatawan beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari gunung berapi di Selat Sunda. Hingga kini, Gunung Anak Krakatau (GAK) masih berstatus Level II atau waspada.

Baca juga: Gunung Anak Krakatau Erupsi, Ketinggian Abu 1.000 Meter dari Puncak