Mudik Lebaran Lewat Pansela, Menteri PUPR: Jalan Ini Instagramable

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono berada di jalan Pansela
Sumber :
  • Youtube viva.co.id

VIVA – Dalam kesibukannya menyiapkan jalan Pansela sebagai salah satu jalur mudik via darat, viva.co.id berkesempatan berbincang sekaligus melihat secara langsung jalan Pansela bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. Seperti apa penjelasan lengkap Basuki mengenai jalan Pansela ini, yuk simak artikel berikut atau bisa langsung saksikan di youtube viva.co.id.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta, Menteri Basuki Buka Suara

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mempromosikan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa sebagai jalur alternatif bagi para pemudik pada Lebaran tahun ini selain Lintas Pantai Utara (Pantura) dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

BPS: Inflasi April 2024 Paling Rendah Dibanding Tiga Lebaran Tahun Sebelumnya

“Saya ingin mempromosikan jalan Pansela sepanjang 1.250 km yang sudah tersambung seperti ini. Dari Bayah di Banten sampai ke Pacitan, nanti seterusnya sampai ke Banyuwangi, tapi saat ini baru sampai Pacitan,” ujar Basuki.

Menurut Basuki, Presiden Joko Widodo memerintahkan agar persiapan mudik Lebaran 2022 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat antusiasme pemudik yang sangat tinggi setelah tidak bisa mudik selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Jangan Cuek, Penting Cek Kondisi Ban Mobil Usai Dipakai Perjalanan Jauh

“Di prediksi oleh Litbang Kementerian Perhubungan ada sekitar 79-85 juta orang pemudik 47 persennya melalui darat. Kami mempersiapkan itu perintah Bapak Presiden dengan lebih baik,” jelas Basuki.

Basuki menambahkan, pemudik dari Jakarta masuk ke Sukabumi langsung masuk Pansela ke Jawa Timur Pacitan. PUPR juga telah menyiapkan posko-posko untuk melayani para pemudik yang melalui Pantai Selatan Jawa. Jalan ini instagramable dan memorable untuk keluarga yang pulang mudik.

Menurut Basuki, pembangunan Pansela ini kesulitannya relatif, prosesnya sangat lancar karena penduduknya tidak terlalu padat sehingga pembebasan lahan berjalan lancar sekali dan pembangunannya lancar. Sejumlah posko-posko pelayanan sudah disiapkan, ada lokasi kuliner dan tempat wisata.

“Sukabumi, Cilacap, Kebumen, Purworejo, Jogja, Gunung Kidul, ada nasi merah lodeh sambel ijo, itu uwenak banget,” kata Basuki.

Di titik Pracimantoro Wonogiri di jalan Pansela sebagai scenic road, jalan yang penuh dengan pemandangan wisata. Jalannya sudah mulus, manfaatkan ini untuk libur sepuluh hari.

“Sekali lagi, saya Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, beserta seluruh keluarga besar Kementerian PUPR, menghaturkan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir batin semoga apa yang kami lakukan pada tahun ini bermanfaat untuk semuanya. Setelah puasa dua tahun tidak mudik, tahun ini kesempatan merefreshing dan Pansela salah satu alternatif yang terbaik untuk mudik. Selamat mudik, aman, nyaman, untuk kita semua,” tutup Basuki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya