Jadi Biang Macet Mudik, Ini Pasar Tumpah di Jalur Kendal-Semarang

Pasar tumpah. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • Istimewa/Teguh Sutrisno

VIVA – Pasar tumpah jadi problem yang berulang dan hampir selalu terjadi saat arus mudik lebaran. Keberadaan pasar tumpah dengan lapak pedagang yang meluber di trotoar hingga bahu jalan ini kerap jadi titik macet.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Pasar tumpah ini juga jadi perhatian saat arus mudik Lebaran tahun ini. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencatat ada sejumlah titik pasar tumpah di sepanjang Pantura seperti Kendal dan Semarang.

Dinas Perhubungan Jawa Tengah sudah memetakan titik pasar tumpah yang berpotensi membuat kemacetan. Dari pemetaan itu, nanti akan dilakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan untuk melewati jalur alternatif.

MK Tolak Gugatan Sengketa Pilpres 2024, Begini Respons Pelaku Pasar Keuangan

"Dengan pemberlakuan one way dari tol Jakarta Cikampek sampai gerbang tol Kalikangkung nanti, maka seluruh kendaraan di tol dari timur dikeluarkan mulai dari tol Krapyak Semarang. Sehingga jalan nasional pantura akan menerima beban yang sangat berat," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro saat dihubungi, Rabu, 20 April 2022.

Arus lalu lintas saat adanya penyekatan untuk mencegah arus mudik di Bundaran Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 6 Mei 2021.

Photo :
  • ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi
Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Dia melanjutkan, dengan pengalihan tersebut maka arus kendaraan akan melewati jalur pantura. Menurutnya, di sepanjang jalur itu masih kemungkinan muncul beberapa pasar tumpah.

Dia merincikan beberapa pasar yang dimaksud seperti Pasar Jrakah dan Pasar Mangkang di Kota Semarang. Selain itu, ada Pasar Kaliwungu, Pasar Cepiring, dan Pasar Weleri di Kendal.

"Potensi macet bisa terjadi simpang pasar tumpah Cepiring karena banyak kendaraan yang menurunkan penumpang di badan jalan. Ini menimbulkan antrean dan arus kendaraan tersendat," jelasnya.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya bekerja sasama dengan kepolisian akan mengalihkan arus kendaraan lewat jalan alternatif. Untuk menghindari pasar tumpah di Cepiring, lalu lintas dialihkan ke jalur alternatif Ketapang sampai Pegandon. 

"Ini untuk mengantisipasi kemacetan di depan pasar Cepiring yang diprediksi ekornya bisa sampai Patebon sebelum Kali Bodri," jelas Henggar.

Sementara itu, untuk menghindari pasar tumpah di Kaliwungu dan Pasar Weleri, pengendara bisa melewati jalam arteri. 

Laporan: Teguh Sutrisno-tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya