Jadi Biang Macet Mudik, Ini Pasar Tumpah di Jalur Kendal-Semarang

Pasar tumpah. (Foto ilustrasi).
Pasar tumpah. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • Istimewa/Teguh Sutrisno

VIVA – Pasar tumpah jadi problem yang berulang dan hampir selalu terjadi saat arus mudik lebaran. Keberadaan pasar tumpah dengan lapak pedagang yang meluber di trotoar hingga bahu jalan ini kerap jadi titik macet.

Pasar tumpah ini juga jadi perhatian saat arus mudik Lebaran tahun ini. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencatat ada sejumlah titik pasar tumpah di sepanjang Pantura seperti Kendal dan Semarang.

Dinas Perhubungan Jawa Tengah sudah memetakan titik pasar tumpah yang berpotensi membuat kemacetan. Dari pemetaan itu, nanti akan dilakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan untuk melewati jalur alternatif.

"Dengan pemberlakuan one way dari tol Jakarta Cikampek sampai gerbang tol Kalikangkung nanti, maka seluruh kendaraan di tol dari timur dikeluarkan mulai dari tol Krapyak Semarang. Sehingga jalan nasional pantura akan menerima beban yang sangat berat," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro saat dihubungi, Rabu, 20 April 2022.

Arus lalu lintas saat adanya penyekatan untuk mencegah arus mudik di Bundaran Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 6 Mei 2021.

Arus lalu lintas saat adanya penyekatan untuk mencegah arus mudik di Bundaran Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 6 Mei 2021.

Photo :
  • ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Dia melanjutkan, dengan pengalihan tersebut maka arus kendaraan akan melewati jalur pantura. Menurutnya, di sepanjang jalur itu masih kemungkinan muncul beberapa pasar tumpah.

Dia merincikan beberapa pasar yang dimaksud seperti Pasar Jrakah dan Pasar Mangkang di Kota Semarang. Selain itu, ada Pasar Kaliwungu, Pasar Cepiring, dan Pasar Weleri di Kendal.