Catat! 4 Dokumen Penting yang Wajib Dibawa UTBK-SBMPTN 2022

Peserta mengikuti UTBK 2020 dengan protokol kesehatan di Universitas Indonesia.
Sumber :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan

VIVA –Wah tidak terasa tinggal hitungan minggu lagi, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 gelombang pertama akan dilaksanakan pada 17-23 Mei 2022.

Unhas Antisipasi Kecurangan Berteknologi Canggih di UTBK 2024

Itu artinya bagi kalian calon peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi atau UTBK-SBMPTN, harap bisa mempersiapkan berbagai halnya mulai dari jauh-jauh hari. 

Peserta UTBK-SBMPTN diharapkan sudah bisa mempersiapkan diri dengan belajar dan berlatih soal-soal dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai, kesempatan ini membuat Anda lengah dalam mempersiapkan diri, baik dari segi mental, fisik dan juga pengetahuan terkait soal-soal yang akan sekiranya muncul pada saat pelaksanaan ujian. 

Peserta UTBK Diimbau Waspada Penipuan Janji Kelulusan

Pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Untuk berhasil lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tidak hanya mengandalkan faktor keberuntungan saja, melainkan kita juga harus berusaha sekeras mungkin jika ingin menjadi salah satu mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri.

22.974 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2024 di Unimed

Selain mempersiapkan diri dengan belajar dan menambah banyak ilmu serta pengetahuan. Ada hal penting yang biasanya sering dilewatkan atau tidak sengaja dilupakan, yakni dokumen-dokumen yang akan dibawa saat pelaksanaan ujian berlangsung.

Mempersiapkan dokumen atau berkas penting yang akan dibawa ke lokasi ujian, kalau bisa lebih diutamakan. Setelah semua dokumen berhasil dicetak dan dilengkapi, saatnya untuk mengumpulkan dan menyimpan berbagai jenis dokumen yang akan dibawa saat ujian.

Hal tersebut lantaran, ketika mempersiapkan dokumen dengan mendadak yang ada para calon peserta akan lupa atau tidak membawa sebagian dokumen tersebut.

Berdasarkan data dari LTMPT,  total jumlah peserta yang sudah mendaftar jalur UTBK-SBMPTN gelombang pertama pada 2022 sudah mencapai 800.852 peserta.

Di mana jumlah tersebut terdiri dari kelompok ujian Saintek yang totalnya mencapai 358.983 peserta, Soshum sebanyak 371.292 peserta, dan terakhir kelompok ujian campuran sebanyak 67.716 peserta.

Perserta yang akan mengikuti pelaksanaan ujian pada gelombang pertama ini harus benar-benar mempersiapkan segala halnya, mulai dari diri, dan juga dokumen-dokumen  yang dibutuhkan.

Nah, adapun beberapa dokumen penting yang wajib dibawa saat pelaksanaan ujian UTBK- SBMPTN 2022 yaitu sebagai berikut, melansir dari situs LTMPT.

1. Kartu peserta UTBK 2022
2. Kartu identitas (kartu siswa/KTP/paspor) 
3. Surat Keterangan Lulus asli bagi peserta angkatan 2022.
4. Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir bagi angkatan 2022 dan 2021 

Selain dokumen tersebut, peserta juga  jangan lupa untuk wajib membawa beberapa hal berikut ini:

1. Masker 
2. Handsanitizer
3. Memakai baju formal dan mengenakan sepatu

Itulah tadi sedikit informasi penting terkait dokumen penting yang wajib dibawa saat pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 yang akan berlangsung pada bulan depan. Bagi para calon peserta, semangat dan terus berusaha ya! Lakukan terbaik dengan usahamu saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya