Kadiv Hubinter Polri Beri Kabar Terbaru Pencarian Harun Masiku

Kadivhubinter Polri Irjen Pol Johni Asadoma
Sumber :
  • tvonenews.com

VIVA – Buronan kasus korupsi, Harun Masiku sudah lebih dari dua tahun belum juga tertangkap. Red Notice atas nama Harun Masiku sudah diterbitkan oleh pusat Interpol di Lyon Prancis sejak awal Juli 2021.

Korban Penembakan OPM Dievakuasi dari Homeyo ke Timika

Red Notice adalah permintaan kepada penegak hukum di seluruh dunia untuk mencari dan menangkap sementara buronan yang sedang dicari. Maka dipastikan 124 negara anggota Interpol di seluruh dunia memburu eks politisi PDIP itu. Namun hasilnya masih nihil.

Menyangkut hal itu, Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Johni Asadoma menegaskan perburuan terhadap tersangka KPK itu melibatkan 124 negara anggota Interpol.

TNI-Polri Evakuasi Jenazah Warga Korban Penembakan OPM di Papua

Dia bilang, keberadaan penyuap bekas Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan yang sudah divonis 7 tahun bui itu hingga kini belum terdeteksi.

“Harun masiku masih terus dalam pencarian baik kami kepolisian Indonesia maupun anggota-anggota negara interpol. Ada 124 negara-negara interpol. Red notice sudah diterbitkan oleh interpol pusat di Lyon dan saya yakin semuanya akan memonitor mendeteksi dimana keberadaan daripada Harun Masiku,” kata Johni Asadoma usai memberi kuliah umum di Kampus Universitas Katolik (Unika) Santo Paulus Ruteng, Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT), dikutip dari tvOnenews.com, Jumat, 22 April 2022.

Alasan Nurul Ghufron Gugat Dewas KPK ke PTUN dan MA

Menurut Asadoma, Red Notice yang sudah diterbitkan berdasarkan permintaan KPK otomatis menjadi atensi Interpol di seluruh dunia. Polri lanjutnya pasti terus berkoordinasi dan menunggu kabar dari mitra Interpol di luar negeri.

“Dan kalau diketahui maka setiap negara punya kewajiban untuk melaksanakan red notice interpol tersebut,” imbuhnya.

Harun Masiku pernah dikabarkan berada di Singapura kemudian terdeteksi balik ke Indonesia pada bulan April 2021. Namun kabar tersebut ditepis Asadoma.

“Sepengetahuan kami tidak ada (kabur ke Singapura) karena kalau ada ada sudah pasti tentu akan diambil tindakan hukum. Jadi tidak ada,” ujarnya.

“Keberadaanya sampai saat ini belum terdeteksi. Kalau sudah terdeteksi ya pasti kita sudah koordinasikan dengan negara di mana dia berada atau negara Interpol tersebut wajib ya wajib untuk melaporin kepada kami, kami akan mengambil tindakan hukum,” sambungnya.

Buronan Lihai Berkamuflase

Disampaikan Irjen Pol Asadoma, pelacakan buronan ke luar negeri sangat jelimet. Namun kapan penangkapan itu terjadi tinggal menunggu waktu.

Adapun NCB (National Central Bureau) Interpol di berbagai negara berkomitmen terus mencari informasi sampai posisi para buron itu terungkap seperti yang terjadi pada penangkapan Maria Pauline Lumowa salah satu tersangka pelaku pembobolan kas bank BNI cabang Kebayoran Baru senilai Rp 1,7 triliun lewat Letter of Credit (L/C) fiktif yang ditangkap di Serbia tahun 2019 dan dipulangkan ke Indonesia pada Juli 2020.

“Seperti kasusnya Paulin Lumowa. Dideteksi oleh kepolisian Serbia, kepolisian Serbia menginformasikan kepada kami interpol kemudian kami dengan instansi terkait melakukan penjemputan di sana,” tuturnya.

Dikatakan Irjen Pol Johni Asadoma bahwa Harun Masiku maupun buron lainnya memiliki trik berkamuflase tingkat tinggi.

“Ya mencari orang itu kan gampang-gampang sulit kadang-kadang gampang ditangkap kadang-kadang sulit sangat tergantung daripada  keahlian yang bersangkutan juga untuk mengkamuflase keberadaannya.

Selain Masiku, sebut Asadoma, ada 5 buronan asal Indonesia yang sedang diuber Interpol. “Ada beberapa yang masih kita cari terus ya. selain Harun Masiku Saya tidak hafal semuanya tapi ya sekitar 4 sampai 5 orang,” tuturnya.

Tepis Dugaan Masiku Dilindungi

Tidak sedikit pihak termasuk Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai itu waktu yang sangat lama untuk seorang buronan tidak kunjung ditangkap memunculkan spekulasi jangan-jangan sengaja dilindungi oleh kekuatan tertentu sebab jika Harun Masiku tertangkap bisa jadi kemudian melibas elite PDIP bahkan institusi penegak hukum termasuk KPK dan Polri.

“Itu hoax itu hoax ya. Orang kalau sudah lari ke luar negeri itu memang tingkat kesulitannya itu tinggi Kalau tidak ada kerjasama dengan negara tempat dia berada. Paul Zhang saja kita setengah mati nyari dia kemudian Pauline Lumowa itu berapa tahun, 17 tahun baru kita bisa tangkap. Namanya mencari itu bukan sesuatu yang mudah perlu waktu perlu ketekunan,” katanya.

Dia juga mengatakan, perburuan para buronan yang lari keluar negeri tidak mengenal batas waktu. Intinya kata dia, sampai mereka ditangkap.

“Nggak ada sampai ketangkap itu nggak ada target waktu. Kita mau lebih cepat lebih baik tapi situasi di lapangan kan tentu mempunyai kendala-kendala sendiri sehingga kita harus sabar monitor cari tahu keberadaan yang bersangkutan,” katanya.

Laporan Jo Kenaru/tvOne Manggarai-NTT

Baca juga: Respons KPK Ditawari Novel Baswedan Bantuan Tangkap Harun Masiku

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya