Ganjar Launching Aplikasi Petroke dan Juminah, Apa Itu?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, meresmikan peluncuran dua aplikasi inovasi yang dibuat RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) untuk meningkatkan pelayanan kesehatan

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Adapun tiga aplikasi yang diluncurkan RSMS, yaitu Petroke (Penanganan Stroke) dan Juminah (Kunjungan Maring Umah). Dua aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Playstore

"Ini mungkin dari seluruh rumah sakit di Jawa Tengah nilainya paling banyak inovasinya memang di Margono. Banyak inovasinya yang dipakai juga oleh rumah sakit lain," ujar Ganjar, Jumat, 22 April 2022.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Ganjar menerangkan, Petroke memudahkan dan mempercepat penanganan pasien stroke untuk dibawa ke RSMS dalam waktu kurang dar tiga jam. 

Kemudian Juminah, merupakan bagian dari pelayanan rehabilitasi medis yang memiliki peran penting dalam menunjang pemulihan fungsi tubuh pasien yang mengalami gangguan gerak, bicara, ataupun gangguan pertumbuhan.  

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

"Ada dua hal hari ini yang menurut saya inovasinya penting. Yang pertama terkait penanggulangan stroke namanya Petroke. Jadi warga yang memang kena stroke dalam waktu paling lama di bawah 3 jam itu sudah sampai Margono," terang Ganjar. 

"Yang kedua, banyak sekali pasien yang sakit di rumah dan punya kendala transportasi ini ada satu transportasi namanya Juminah sebagai bagian dari kepedulian," sambung Ganjar. 

Lebih lanjut, untuk mendapatkan dua pelayanan ini, Ganjar mengungkapkan caranya dengan mengirimkan pesan online ke nomor resmi RSMS. 

Ganjar pun mengemukakan, Kabupaten Banyumas sudah memiliki banyak remote area. Ganjar meneruskan, kalau peningkatan pelayanan seperti ini bisa terus berjalan di daerah lain, maka akan semakin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. 

"Kalau ada pelayanan prima semacam ini dilakukan, masyarakat akan sangat bagus. Kalau ini berjalan, ini penting untuk menjangkau remote area. Dan di Banyumas remote areanya banyak. Sehingga masyarakat dimudahkan dalam pelayanan kesehatan," tutur Ganjar. 

Selain meresmikan peluncuran aplikasi inovasi RSMS, Ganjar juga meninjau pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster di RSMS. Ganjar mengimbau bagi masyarakat yang belum vaksin booster, untuk segera mendaftar di gerai vaksin yang tersedia.

Baca juga: Cek Jalur Selatan Mudik, Ganjar Minta Waspadai Titik Rawan Macet

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya