Basarnas Bandung Ingatkan Pemudik Waspada: Cuaca Masih Ekstrem

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung Deden Ridwansyah meninjau kesiapan personel sebelum melaksanakan Operasi SAR Lebaran 2022 di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin, 25 April 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Feri Purnama

VIVA – Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung menyiapkan sembilan pos dilengkapi peralatan dan personel untuk siaga memberikan bantuan dengan cepat bagi masyarakat yang dilanda musibah di jalur mudik wilayah Jawa Barat selama Operasi SAR Lebaran 2022.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

"Kantor SAR Bandung akan menempati sembilan titik pos untuk melaksanakan Siaga SAR Lebaran Tahun 2022 ini," kata Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansyah usai gelar pasukan tim SAR di Kantor Basarnas Bandung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin, 25 April 2022.

Ia menuturkan seluruh personel Basarnas Bandung berikut dengan peralatan penyelamatan siap diterjunkan untuk membantu Polri, TNI dan jajaran lainnya dalam pengamanan mudik Lebaran.

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Ilustrasi pekerja menyelesaikan proyek penanganan longsor di Ciloto, Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Sembilan titik yang akan disiagakan petugas SAR, kata dia, yaitu di posko gabungan Tol Cikopo, Cipali, jalur tengah Nagreg di Kabupaten Bandung, Gentong di Kabupaten Tasikmalaya, kemudian Karawang, Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran dan Pantai Santolo di Kabupaten Garut.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Personel yang ada di pos itu, kata dia, siap memberikan pelayanan bagi pemudik atau masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas maupun bencana alam.

"Basarnas Bandung akan siaga membantu yang terkena musibah kecelakaan di jalan maupun musibah lainnya," kata Deden.

Ia menambahkan pengamanan mudik Lebaran 2022 akan berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu akan lebih ramai karena pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk mudik di Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Namun, ancaman bahaya di lapangan, kata dia, tentu bisa saja terjadi apalagi saat ini masih musim hujan yang bisa saja terjadi bencana alam, atau kecelakaan lalu lintas.

"Cuaca masih ekstrem yang tentunya ada tingkat kerawanan kecelakaan di jalan raya, longsor namun itu (bencana alam) diantisipasi juga oleh pemda dan BPBD," katanya.

Dalam upacara apel gelar pasukan itu, Deden memeriksa langsung kesiapan personel, kemudian kendaraan operasional dan peralatan yang dimiliki Kantor Basarnas Bandung. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya