Anak Krakatau Naik Status, BMKG: Waspada Tsunami saat Malam Hari

Gunung Anak Krakatau Meletus
Sumber :
  • Website/magma.esdm.go.id

VIVA – Kepala Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengumumkan, telah terjadi peningkatan status aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga). 

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

"Secara historis aktivitas Gunung Anak Kerakatau ini pernah menimbulkan tsunami," kata Dwikorita melalui siaran zoom di Jakarta, Senin, 25 April 2022. 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Photo :
  • VIVA/Syaefullah/Tangkapan layar
BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Untuk mengantisipasi potensi terjadinya tsunami akibat peningkatan aktivitas Gunung Anak Kerakatau, BMKG bersama PVMBG-Badan Geologi terus memonitor perkembangan aktivitas 1 GAK dan muka air laut di Selat Sunda. 

Tentu saja, Dwikorita menegaskan, dengan meningkatnya level aktivitas Gunung Anak Kerakatau dari Level II menjadi Level III, maka ia mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi/tsunami terutama di malam hari. Hal ini sesuai dengan informasi yang disampaikan sebelumnya.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

"Kenapa di malam hari? karena di malam hari sulit untuk bisa melihat secara visual adanya gelombang tinggi yang mendekati pantai. Kalau siang hari masih cukup untuk melihat," ujarnya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat diminta untuk tidak terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu, Dwikorita meminta agar memastikan informasi hanya bersumber dari PVMBG-Badan Geologi dan BMKG serta BPBD setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya