Bule yang Telanjang di Gunung Batur Bali Ternyata Aktor di Kanada

VIral bule telanjang di Bali.
Sumber :
  • Putri Muliantari/VIVA.

VIVA – Warga Negara Asing (WNA) yang viral lantaran membuat video telanjang sambil menari dan menyanyi di Gunung Batur, Kintamani diamankan Imigrasi Bali.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Setelah diselidiki, bule tersebut memenuhi kebutuhan sehari-hari dari bekerja sebagai seorang aktor di kanal Netflix.

Pria bernama Jeffrey Douglas Craigen (34) ini juga merupakan bintang iklan komersil dan pengisi suara di film animasi di negaranya.

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

Dalam sesi jumpa pers yang dipimpin Kepala Kantor Wilayah Kemenhumkam Bali, Jamaruli Manihuruk, dijelaskan bahwa WNA Kanada tersebut pertama kali ke Indonesia pada tahun 2018 silam, dan datang lagi pada akhir tahun 2019.

JDC mengaku bahwa tujuannya ke Indonesia adalah mengunjungi beberapa kota seperi Malang, Lombok, dan Bali, untuk berselancar, berlibur dan mencari pengobatan alternatif untuk penyakit osteoporosis yang diidapnya.

Imigrasi Bali Tahan Paspor Hyoyeon Girls Generation, Bomi Apink hingga I.O.I Im Nayoung

Saat dimintai keterangan, JDC mengaku tidak mengetahui bahwa Gunung Batur merupakan tempat yang disucikan di Bali, dan tak memiliki maksud buruk, hanya sekadar mengekspresikan diri lewat menari tarian Haka dari Selandia Baru.

Dari hasil pemeriksaan Imigrasi, WNA tersebut tetap terbukti melakukan pelanggaran Pasal 75 ayat (1) Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian, yang menentukan bahwa Pejabat Imigrasi berwenang melakukan Tindakan Administratif terhadap Orang Asing yang berada di Wilayah Indonesia yang melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menghormati dan tidak mentaati peraturan perundang-undangan.

Sehingga tindakan deportasi dilakukan sekaligus memasukkan namanya dalam daftar cekal sebagaimana dimaksud dalam pasal.

"Kami mengimbau kepada masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Bali agar proaktif memantau dan melaporkan berbagai jenis pelanggaran yang dilakukan oleh Warga Negara Asing kepada pihak yang berwenang sehingga dapat diambil tindakan tegas," ujar Jamaruli, Senin, 25 April 2022.

Kakanwil Kemenkumham Bali tersebut juga menegaskan kepada seluruh WNA yang berkunjung ke Pulau Dewata agar selalu berperilaku tertib dengan menghormati hukum dan nilai budaya masyarakat Bali.

Untuk diketahui, video viral telanjang WNA Kanada ini ramai pertama kali pada Minggu, 24 April lalu setelah diunggah di Instagram miliknya bernama @mind_body_healer.

Sejak gaduh di masyarakat pengguna sosial media, Tim Inteldakim Kantor Imigrasi kelas I TPI Denpasar kemudian melakukan penelusuran, hingga akhirnya pada pukul 9.00 WITA kemarin, dilakukan pemeriksaan terhadap bule gondrong tersebut.

Baca juga: Viral Bule Telanjang di Gunung Batur, Imigrasi: Bisa Dideportasi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya