Kronologi Channel YouTube Ganjar Pranowo Diretas

Tangkapan layar (screenshot) poster digital yang memuat pengumuman bahwa kanal Youtube Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diretas oleh orang yang belum diketahui identitasnya.
Sumber :
  • Jatengprov.go.id

VIVA – Ramai di medsos terkait Channel YouTube Gubernu Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang tiba-tiba hilang Senin, 25 April 2022 dini hari. Channel dengan 1,26 juta subscriber tersebut tak bisa diakses akibat diretas oleh seseorang yang belum diketahui identitasnya. Informasi peretasan tersebut di-posting Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di akun instagram-nya. 

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

"Akun Youtube Channel Ganjar Pranowo telah diretas pihak lain. Saat ini akun sedang coba dipulihkan dengan bantuan pihak Youtube. Mohon berhati-hati jika ada yang mengatasnamakan Youtube Ganjar Pranowo," tulisnya.

Dari pengumpulan data yang dilakukan tim Channel Ganjar Pranowo, tim tahu akun tersebut diretas pada Senin, 25 April 2022 pukul 04.10 WIB. Tim Channel Ganjar mengetahui dari laporan puluhan netizen yang mengirim DM instagram.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Setelah dicek, ternyata benar. Channel YouTube Ganjar Pranowo tiba-tiba sudah berganti nama menjadi Binance Live. Pihak yang meretas itu mengganti nickname, display picture dan banner youtube

"Bahkan nama akun sempat berubah atau di-rename menjadi akun lain. Saat ini akun tidak bisa diakses sama sekali," lanjut Ganjar.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

Semua konten dari YouTube Ganjar Pranowo di-private dan mereka melakukan live streaming untuk penayangan konten Binance. 

Dari keterangan tertulis yang dikirim tim media Ganjar Pranowo, saat sedang coba dipulihkan, muncul tulisan sign out dan disuruh login kembali. Berikutnya, muncul keterangan bahwa Channel YouTube sudah hilang, atau tidak tertaut dengan email semula.

Ganjar mengatakan, sampai saat ini tidak ada pesan dari pihak manapun yang mengaku bertanggung jawab terhadap peretasan tersebut. 

"Saya belum tahu siapa yang melancarkan serangan ini. Entah kerjaan orang iseng  atau ada maksud-maksud tertentu. Mohon doa agar channel Ganjar Pranowo segera bisa dipulihkan," kata Ganjar.

Laporan Teguh Joko Sutrisno/tvOne Semarang

Baca juga: Channel Youtube Ganjar Pranowo Diretas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya