7 Jalan Paling Berbahaya di Indonesia, Hati-hati untuk para Pemudik!

Sejumlah kendaraan melintasi Cadas Pangeran di Sumedang, Jawa Barat, Rabu, 8 Mei 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Ada beberapa jalan paling berbahaya di Indonesia yang mempunyai medan cukup menantang untuk dilalui. Jalan ini bahkan termasuk ke dalam kategori berbahaya lantaran mempunyai kelokan yang sangat curam sehingga rentan terjadi kecelakaan. Kata berbahaya di sini artinya membutuhkan kewaspadaan yang sangat tinggi, walaupun pemerintah juga sudah membuat peringatan risiko kecelakaan dengan berbagai upaya. 

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Bahkan, jalan tersebut juga sudah dilengkapi dengan rambu lalu lintas dan peredam kejut. Sehingga ketika mendekati belokan tajam, kendaraan akan memperlambat lajunya atau sudah dilengkapi dengan rambu-rambu yang memperlihatkan ada belokan tajam dan curam. Walaupun demikian, kelalaian manusia membuat banyak kecelakaan di jalur ini. Apalagi saat ini masyarakat akan mudik ke kampung halaman sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan. 

Nah, berikut adalah ulasan tentang jalan paling berbahaya di Indonesia yang disadur dari berbagai sumber. 

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

1. Tanjakan Sitinjau Laut, Padang

Sitinjau Lauik, rute ekstrem yang akan dilalui pemudik di Sumatera Barat

Photo :
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Banyak orang yang mengurungkan niatnya saat melewati jalan paling berbahaya di Indonesia ini. Apalagi mereka yang tidak biasa melewati jalur pendakian yang menghubungkan Kota Padang - Solok Sumatera Barat tersebut. Kelok panorama, nama tanjakan panjang dan berkelok ini yang sangat curam serta menakutkan dengan kemiringan mencapai 45 derajat.

Ditambah dengan jalur ini yang banyak diisi oleh kendaraan berukuran besar dengan tonase berat yang kerap mogok di tengah-tengah pendakian. Tapi tenang saja, para pemuda setempat selalu siap siaga di tepi jalan untuk membawa balok kayu sebagai ganjalan bila terlihat kendaraan yang gagal menanjak. 

2. Tanjakan Gombel, Semarang

Tanjakan Gombel

Photo :
  • Tangkapan Layar

Jalan paling berbahaya di Indonesia selanjutnya adalah Tanjakan Gombel yang terletak di Semarang. Jalan yang mempunyai rute curam ini juga sering kali terjadi tanah longsor. Sering juga jalan ini memakan korban jiwa. Walaupun demikian, ternyata jalur ini masih banyak dilalui pengendara apalagi di musim mudik saat ini. 

Selain rawan longsor, jalur ini juga dikenal lantaran hal-hal yang berbau mistis. Sesuai dengan namanya, jalur ini memang mempunyai hubungan dengan hal-hal mitos dan gaib. Sampai saat ini, masih banyak masyarakat setempat yang meyakini bahwa bila terjadi longsor maupun kecelakaan di sana, karena ulah makhluk halus yang tempat bertapanya terganggu. 

3. Cadas Pangeran, Sumedang

Sejumlah kendaraan melintasi Cadas Pangeran di Sumedang, Jawa Barat, Rabu, 8 Mei 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jalur yang menghubungkan antara Bandung dengan Sumedang ini terletak di wilayah pegunungan. Tidak heran bila jalur ini mempunyai rute yang berkelok-kelok. Bila kamu akan melewati jalur yang satu ini, sebaiknya harus fokus dengan tikungan yang tajam. Selain disuguhi dengan tikungan tajam, saat melewati jalur ini juga harus banyak berdoa. 

Hal ini karena jalan paling berbahaya di Indonesia tersebut kerap terjadi longsor. Jalur Cadas Pangeran adalah salah satu jalur paling maut lantaran tidak jarang memakan korban jiwa. Mayoritas kecelakaan di sini adalah kendaraan masuk jurang lantaran pengemudi yang memacu kendaraan melewati batas kecepatan. 

4. Alas Roban, Batang

Jalur Alas Roban di Batang, Jawa Tengah

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

Saking menyeramkan jalur ini, kerap dijuluki sebagai “Jalur Neraka”. Jalur ini berada di Batang Jawa Tengah dan sedang menjadi perhatian serta pengawasan dari aparat setempat karena memasuki musim mudik. Kecelakaan telah menjadi catatan rutin dari dinas perhubungan setempat. Sebab, jalur ini mempunyai jalur yang berkelok lengkap dengan pohon tinggi. 

Kurangnya penerangan di jalur ini juga menjadi salah satu yang membuat Alas Roban terkesan sangat angker. Layaknya Tanjakan Gombel, Alas Roban juga menjadi salah satu kawasan mistis yang diyakini oleh masyarakat setempat lantaran sering terjadi kecelakaan. 

5. Senggigi, Nusa Tenggara Barat

Foto udara kawasan perhotelan di Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Lombok adalah salah satu surga wisata alam yang wajib dikunjungi. Tapi, ada satu jalur yang sangat ditakuti oleh para pengendara, jalur ini adalah Senggigi. Lokasi untuk menuju pantai indah Lombok ini sangat berbahaya sampai ada beberapa orang yang merasa nyawanya dipertaruhkan ketika melewati jalur ini. 

Lebih mengerikan lagi karena kondisi jalan yang kadang menurun dan kadang menanjak. Apalagi ditambah dengan kehadiran jurang di tepi jalan. Panorama jalanan Senggigi memang sangat indah, tapi bila kamu tengah mengemudi disarankan untuk tetap fokus ke jalanan dan jangan lengah dengan keindahan alamnya. 

6. Tanjakan Limbangan, Garut

Kemacetan di jalur selatan, Nagrek, Bandung, ke Limbangan, Garut, Jawa Barat

Photo :
  • Diki Hidayat/ VIVA.co.id

Salah satu tanjakan yang juga sangat berbahaya adalah tanjakan Limbangan yang terletak di Garut, Jawa Barat. Tanjakan yang curam dengan kondisi jalan yang berliku sering terjadi kecelakaan. Tanajang ini memang menjadi tempat kecelakaan. Hal ini karena letak jalan berada di topografi yang menanjak sehingga jarak pandang berkurang. 

7. Kelok 44, Sumatera Barat

kelok 44 padang, sumbar

Photo :
  • U-Report

Jalur kelok 44 yang ada di Sumatera Barat adalah salah satu jalan paling berbahaya di Indonesia karena mempunyai tikungan yang sangat mengerikan. Terletak di kawasan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, jalan ini menghubungkan antara Bukittinggi dan Maninjau. 

Walaupun dianggap menantang maut, tapi pemandangan di sekitar Kelok 44 Sumbar ini sangat memukau. Para pelancong akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat indah yaitu Danau Maninjau yang tampak jelas dari ketinggian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya