Gandeng Taman Safari, Gibran Revitalisasi Kebun Binatang Solo

Gajah di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo.
Gajah di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal merevitalisasi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo usai libur Lebaran tahun ini. Revitalisasi yang akan berlangsung selama enam bulan itu menggandeng investor Taman Safari.

Gibran mengatakan, kepastian rencana revitalisasi TSTJ Solo atau Solo Zoo itu berdasarkan hasil rapat dengan investor Taman Safari Indonesia pada pekan lalu. Selama proses revitalisasi kebun binatang itu akan ditutup.

“Lebaran ini masih menerima tamu dulu, habis itu dengan sangat terpaksa kami tutup dulu selama enam bulan ya. Pokoknya kita kebut di enam bulan jadi nanti akhir tahun Desember wis buka,” kata Gibran di Solo, Selasa, 26 April 2022.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Selama proses revitalisasi itu, putra sulung Presiden Jokowi itu mengungkapkan seluruh biaya operasional pengelolaan kebun binatang ditanggung Pemerintah Kota Solo. Ia pun menyebutkan jumlah biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp350 juta setiap bulan.

“Sudah tak bicarakan dengan Pak Sekda. Kemungkinan kita ambilkan dari BTT (belanja tidak terduga) dulu. Tapi tenang aja enam bulan tutup tapi habis itu panen lagi. Saya yakin kok kalau dibuka lagi pasti membludak,” katanya.

Oleh sebab itu, Gibran menargetkan pada Desember revitalisasi kebun binatang tersebut harus selesai. Hanya saja ketika disinggung mengenai nilai investasi, ia meminta untuk menanyakan ke pihak investor, yakni Taman Safari.