5 Alutsista Canggih yang Dibeli Menhan Prabowo

VIVA Militer: Pesawat tempur Dassault Rafale
Sumber :
  • DefPost

VIVA – Daftar alutsista canggih yang dibeli Menhan Prabowo. Beberapa negara di penjuru dunia telangah menyoroti konflik Rusia-Ukraina yang bisa saja melibatkan Nato dan negara-negara besar lainnya, bahkan ketegangan kedua negara tersebut dinilai dapat memicu perang dunia ketiga. bisa aja terimbas pada Indonesia.

Analisa Pengamat Jelang Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024 di MK

Potensi peperangan dengan skala global tentu saja tidak dapat disepelakan sehingga Indonesia perlu berhati-hati untuk mengambil langkah, seperti yang kita ketahui, semenjak Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia, belanja negara juga banyak dikeluarkan untuk keamanan dan pertahanan negara.

Ketua partai Politik Gerindra itu banyak melakukan mengadakan sejumlah alat utama sistem persenjataan atau keperluan alutsista TNI, apakah ini merupakan tanda bahwa Indonesia siap berperang, apa saja daftar alutsista canggih yang dibeli Menhan Prabowo, seperti dikutip dari Channel Youtube Data Fakta, sebagai berikut:

Survei Indikator: 51,3 Persen Pemilih Ganjar Puas dengan Penyelenggaraan Pemilu

1. Kendaraan Taktis Maung

Maung, kendaraan taktis dari PT Pindad Persero

Photo :
  • Twitter PT Pindad Persero
Dicky Chandra Daftar Bakal Calon Wali Kota Tasikmalaya dari PPP, Ngakunya Spontan

Alutsista terus dimodernisasi agar terus mendukung TNI untuk melaksanakan tugas dan fungsi untuk menjaga keamanan dan pertahanan negara. Prabowo sangat optimis dengan sistem pertahanan dan kemampuan pertahanan yang baik bakal disegani di kancah politik Internasional.

Kendaraan Taktis atau Rantis Maung merupakan sebagian dari jenis alutsista yang dibeli Indonesia semasa Prabowo menjabat, Rantis Maung tersebut dibuat dari PT Pindad yang digunakan untuk memperkuat tugas prajurit TNI. Prabowo Subianto menyerahkan kendaraan Rantis Maung saat melaksanakan rapat pimpinan ke Kementrian Pertahanan di Jakarta pada Januari 2011 lalu.

Kendaraan ini mampu bergerak dengan kecepatan 120 Km per jam dan juga dapat menjangkau jarak tempuh hingga 800 KM, bahkan kendaraan ini dilengkapi dengan senjata yang berada di atasnya, selain itu juga kendaraan itu dapat menempuh medan yang sulit dan mampu beroperasi di luar jalan aspal.

2. Pesawat Tempur Dassault Rafale

VIVA Militer: Jet tempur buatan Prancis, Dassault Rafale

Photo :
  • GoodFon.com

Pemerintahan Indonesia diketahui mengakuisisi 6 pesawat tempur Dassault Rafale yang diproduksi dari negara asalnya Prancis. Penandatanganan pembelian pesawat ini dilakukan oleh Kementerian Pertahanan, secara keseluruh Indonesia memboyong 42 Jet Tempur Dassault Rafale dan Prabowo menjelaskan pembelian 36 pesawat bakal menyusul.

Bila perbelanjaan 42 Jet tempur dapat terjadi, jumlah jet Dassault Rafale yang bakal diboyong oleh pemerintah Indonesia bakal melebih target semula, selain akuisisi jet rafale, penandatanganan kontrak ini sepakan dengan adanya dukungan latihan persenjataan oleh pemerintah Prancis.

Seperti yang diketahui pesawat tempur Jet Rafale dapat menyerang baik didarat maupun di laut, pengintaian dan serangan akurasi tinggi serta pencegahan senjata nuklir, bahkan pesawat tersebut memiliki rentan sayap selebara 10,90 meter dan memiliki panjang 15,30 Meter dan tingginya 5,30 Meter.

3 Pesawat Angkut

VIVA Militer: TNI AU kerahkan 4 pesawat untuk angkut prajurit TNI AD ke Papua

Photo :
  • Instagram @militer.udara

Indonesia secara resmi mengakuisisi dua unik pesawat angkut Airbus A400M yakni pesawat yang memiliki daya jelajah sangat jauh yaitu 8900 KM, pesawat tersebut memiliki konfigurasi multi peran dan daya angkut, kesepakatan yang dilakukan oleh Prabowo tersebut termasuk paket dukungan lengkap untuk perawatan dan pelatihan.

Selain itu Kemhan berkomitmen melakukan perbelanjaan pesawat angkut sejenis, pesawat angkut tersebut digunakan untuk transportasi taktis serta pengiriman personel dan barang untuk pendaratan di medang perang. pesawat angkut memiliki tiga kemampuan yaitu pengangkutan taktis, pengangkutan strategis dan pengisian bahan bakar di udara.

Ruang akut perawat tersebut memiliki daya tahan dan menampung beban 37 ton dan dapat mengangkut bahan bakar kapasitas 80 ton. Selain itu pesawat ini mampu mengangkat 116 personal dengan peralatan lengkap siap tempur. Maka dari itu pesawat ini sangat penting di berbagai misi.

4. Kapal Perang Fregat

VIVA Militer: Kapal perang kelas Moudge Fregate Jamaran (Ilustrasi)

Photo :
  • The Defense Post

Pada Juni 2021 Prabowo menandatangani kontrak kerja sama berupa pembelian kapal perang Fregat dari perusahaan asal Italia yaitu Fincantieri, melalui kesepakatan ini perusahan itu bahkan menumplai 6 kapal perang Fregat dan 2 kapal perang Fregat bekas. Kapal Fregat diketahui dibangun 1990 an oleh Fincantieri untuk angkatan laut Italia, pada saat itu ada 8 kapal yang dibuat dan kini angkatan laut italia akan mengoperasikan dua kapal yang akan diganti dengan yang baru.

kapal Fregat ketahui memiliki panjang 122 Meter dan memiliki berat 3.040 Ton dan dapat mengganggu 200 lebih kru dan dilengkapi oleh persenjataan misil anti kapal permukaan, selain itu kapal Fregat yang baru dilengkapi oleh fitur kapal anti selam.

5 Kapal Selam Scorpene

VIVA Militer: Kapal Selam Tempur Kelas Scorpene

Photo :
  • Naval News

Selain pesawat tempur, pemerintah Indonesia juga berencana membeli kapal selam Scorpene asal Prancis, rencana pembelian ini salah satu bentuk kerja sama pengembangan dan penelitian tentang kapal selam yang ditandatangani PT Pal Indonesia dan Naval Group Prancis. Prabowo menjelaskan bahwa rencana pembelian itu termasuk sebagai air independent propulsion atau AIP, beserta suku cadang yang dibutuhkan.

Scorpene merupakan kapal selam diesel listrik yang dikembangkan oleh DCNS Prancis dan perusahaan Spanyol NAVANTIA, pasca peperangan antara dua perusahaan, kapal Scorpene hanya dipasarkan oleh DCNS dan dianggap sebagai desain Prancis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya