H-5 Lebaran 2022, Tol Cisumdawu Masih Lengang

Volume kendaraan yang mengarah ke Tol Cisumdawu.
Sumber :
  • ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

VIVA – Volume kendaraan yang melintas di Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, masih lengang pada Rabu atau H-5 menjelang Lebaran 2022.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Terpantau intensitas kendaraan di KM 160 Tol Cisumdawu masih lowong. Namun kendaraan roda empat ciri khas pemudik sudah mulai tampak di jalan tol tersebut.

"Untuk yang ramai pada H-5 ini memang jalur utara, itu pun jalur tol, sedangkan jalur arteri masih normal. Selain itu jalur selatan juga masih normal," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Kedua jalur di Tol Cisumdawu, baik yang ke arah Bandung maupun ke arah Sumedang, situasi arusnya masih sama. Selain kendaraan pribadi, kendaraan besar seperti truk pun ada di tol tersebut.

Sejumlah kendaraan pemudik sudah mulai tampak melintas di KM 160 Tol Cisumdawu.

Photo :
  • ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi
Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Sedangkan dari titik awal Tol Cisumdawu yakni Gerbang Tol Cileunyi, kendaraan lebih banyak yang mengarah keluar gerbang tol. Sedangkan kendaraan yang melaju ke arah Tol Cisumdawu terpantau lebih sedikit jika dibandingkan dengan kendaraan yang keluar.

Sejumlah kendaraan pribadi yang melintas di tol baru tersebut ada yang berplat nomor D (Bandung), plat nomor Z (Sumedang), dan berplat nomor E (Cirebon-Majalengka). Belum banyak kendaraan yang selain plat nomor tersebut melintas di tol tersebut.

Meski begitu, rambu-rambu petunjuk di Jalan Tol Cisumdawu tampak sudah lengkap. Mulai dari plang penunjuk jalan, plang nomor kilometer, hingga markah jalan juga sudah terpasang di tol tersebut.

Guna menghadapi arus mudik di jalur tersebut, Ibrahim menyebut pihaknya sudah menyiapkan sejumlah cara bertindak jika terjadi kepadatan pemudik.

Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat pun bakal menjadikan ruas Tol Cisumdawu sebagai alternatif jika terjadi kepadatan antrean di Gerbang Tol Cileunyi. Nantinya polisi bakal mengarahkan kendaraan untuk masuk ke Tol Cisumdawu untuk keluar di Gerbang Tol Jatinangor.

"Kita sudah mempersiapkan cara bertindak di lapangan, dan itu disesuaikan dengan kondisi di lapangan," kata Ibrahim. (Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya