Tol Gedebage KM 149 Jadi Alternatif Urai Cileunyi saat Mudik

Pintu Tol Gedebage.
Sumber :
  • Adi Suparman/ VIVA.

VIVA – 

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

Pergerakan mudik pada musim Idul Fitri 1443 Hijriah diprediksi meningkat tajam. Salah satunya arus mudik dengan tujuan Bandung melalui jalur Tol Cileunyi.

Merespons hal tersebut, Pemerintah Kota Bandung bakal memfungsikan akses KM 149 A ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi atau yang dikenal dengan Tol Gedebage 149. Akses tersebut diberlakukan secara situasional sampai H+7 10 Mei 2022 dari pukul 06:00-08:00 WIB. 

Evaluasi Mudik 2024, Muhadjir Ungkap Sejumlah Catatan dari Jokowi

Project Director Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC), Raddy R Lukman menjelaskan, jalur 149 ini hanya digunakan untuk kendaraan golongan 1 nonbus. 

"Pengoperasian hanya untuk akses keluar KM 149, tapi tidak untuk sebaliknya. Kita akan terus koordinasikan dengan kepolisian. Jika ada kepadatan di Cileunyi, baru jalur ini akan dibuka," ujar Raddy dalam rapat terbatas di Pendopo Bandung, Rabu 27 April 2022. 

Jangan Cuek, Penting Cek Kondisi Ban Mobil Usai Dipakai Perjalanan Jauh

Meski exit tol KM 149 hanya menjadi alternatif, tapi persiapannya sudah cukup matang. Raddy menilai, pada jalur itu tersedia rambu - rambu untuk memudahkan pemudik mengakses jalur tersebut, seperti warning light, leveling pada oprit, dan rambu penunjuk jalan. 

"Untuk arus balik juga sudah kami siapkan antisipasi untuk meningkatkan kapasitas jika nanti terjadi lonjakan lalu lintas," katanya. 

Menurutnya, jika dalam waktu 30 menit antrean gerbang Cileunyi tidak tertangani, tim operasional JMTO Area Purbaleunyi akan segera menginfokan pada kepolisian untuk mengalihkannya ke akses Tol Gedebage KM 149. Selanjutnya diarahkan ke arteri Gedebage-Soekarno Hatta menuju ke Cileunyi atau Garut via Kamojang.

Gerbang Tol Keluar Gedebage, Bandung

Photo :
  • ANTARA Foto/Raisan Al Farisi

"Waktu pengalihan durasi tentatif, artinya pada saat antrean gerbang tol Cileunyi berkurang atau tidak mencapai 1 km, maka akses Gedebage akan ditutup. Selanjutnya lalu lintas diarahkan kembali ke exit gerbang tol Cileunyi," katanya. 

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menambahkan, rekan - rekan di kewilayahan bisa terus menyosialisasikan pada masyarakat terkait akan difungsikannya exit Tol Gedebage ini. 

"Harapannya teman-teman di kewilayahan terus menyosialisasikan ke masyarakat. Karena ini semua untuk kebaikan masyarakat yang lebih luas lagi. Untuk kendala-kendala di lapangan, sekarang sedang ditangani Pak Sekda (Ema Sumarna) dengan berkoordinasi bersama Sekda Provinsi Jabar," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya