Ratusan Pengikut NII di Garut Ikrar Setia NKRI

Mantan Anggota NII di Garut Ikrar Setia ke NKRI
Sumber :
  • VIVA/ Diki Hidayat

VIVA – Sebanyak 100 pengikut Islam Bai'at Takfiri atau Negara Islam Indonesia (NII), mengikuti deklarasi pembatalan Islam Bai'at atau NII di Gedung Dakwah Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut Jawa Barat, Kamis 28 April 2022. Juga dilaksanakan sumpah setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kematiannya Dianggap Tak Wajar, Makam Seorang Pria di Garut Dibongkar

Kapolsek Pameungpeuk Iptu Dindin Maoludin mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan kerja sama MUI Kabupaten Garut, Densus 88 Anti Teror Mabes Polri, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Garut dan pihak Kementerian Agama Kabupaten Garut serta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Pameungpeuk.

"Jadi ada 100 orang pengikut Islam Bai'at Takfiri atau NII yang kembali ke NKRI," ujarnya, Kamis 28 April 2022.

Petugas Hentikan Ambulans yang Ternyata Digunakan Pemudik untuk Pulang Kampung

Namun dari 100 pengikut Islam Bai'at, yang mengikuti deklarasi pembatalan bai'at berjumlah 70 orang yang terdiri dari 58 laki-laki dan 12 wanita. Pembatalan Islam bai'at dan kembali ke NKRI dipimpin oleh mantan Camat NII Talegong, Dasep Anwar.

"Janji dan sumpah setia para pengikut Islam Bai'at itu, juga dituangkan dalam surat pernyataan," ungkap Dindin.

Silaturahmi dan Bukber Dengan Eks Napiter, Polda Jatim Ingin Terus Sinergi Membangun Kedamaian

Lanjut Dindin, surat pernyataan tersebut diantaranya menyatakan keluar dari anggota NII atau Islam Bai'at Takfiri dan kembali ke NKRI. Mereka juga berjanji tidak akan kembali menjadi anggota NII atau Islam Bai'at Takfiri atau organisasi lainnya yang merongrong NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika. Mereka akan setia dan menjaga keutuhan NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.

"Alhamdulillah kegiatan deklarasi ini berjalan sukses, diharapkan dengan kegiatan ini juga mampu meningkatkan rasa nasionalisme dikalangan masyarakat," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya