7 Jam Antre, Pemudik Kesal Belum Masuk Kapal Nyebrang ke Lampung

Antrean di Pelabuhan Merak
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Rizal, pemudik asal Jakarta dengan tujuan Lampung sejak Kamis sore, 28 April 2022, pukul 16.00 wib hingga pukul 23.15 wib belum bisa naik ke dalam kapal. Padahal, dia membeli tiket penyebrangan di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak.

2 Kapal Vietnam Diamankan KKP Terkait Penangkapan Ikan Ilegal di Perairan Natuna

"Saya berangkat jam 14.00 wib dari Jakarta, sampai sini jam 16.00 wib. Sampai sekarang belum juga naik kapal," ujar Rizal, melalui selulernya, Kamis, 28 April 2022.

Pria yang akrab disapa Bom-bom ini bercerita bahwa, dia sempat ditawarkan oleh salah seorang petugas untuk naik kapal di Dermaga Reguler untuk mempersingkat antrian. Namun setelah sampai di Dermaga 2, kendaraannya malah dilarang naik ke dalam kapal, dengan alasan tiketnya tidak sesuai dengan dermaga antriannya.

Kemenhub Gandeng PT BKI Rawat Kapal Negara Kenavigasian

"Beli eksekutif, cuma informasi katanya, diarahkan ke reguler kalau mau langsung. Sama keamanan enggak boleh (naik ke atas kapal)," terangnya. 

Kini, dia bersama istri, keponakan dan keluarganya masih tertahan di Dermaga 2 Pelabuhan Merak. Mobil yang ditumpanginya tidak bisa keluar untuk masuk kembali ke dermaga eksekutif yang di klaim waktu tempuhnya hanya satu jam perjalanan.

Pelayaran Internasional Pelabuhan Kuala Tanjung Kembali Dibuka, Unilever Perdana Ekspor

"Enggak ada informasi yang valid ke pemudik. Gw di reguler di Dermaga 2, ketahan. Sama keluarga, sama saudara. Semua dermaga penuh. Yang jengkel eksekutif engga ada kejelasan," ujarnya dengan nada kesal.

Sebelumnya diberitakan bahwa Ferizy.com sempat bermasalah atau down akibat lonjakan pemesanan diklaim sudah pulih dan bisa diakses kembali sekitar pukul 15.30 wib. Namun akses ke Ferizy.co. masih lama saat itu. 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan hal itu terjadi akibat tingginya pengguna situs, terutama yang hendak menyeberang di dua jalur.

"PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengonfirmasi bahwa pada Kamis (28/4) sekira pukul 13.00, manajemen melakukan peningkatan sistem pada aplikasi Ferizy seiring tingginya lonjakan trafik pemesanan tiket layanan kapal ekspress di Merak - Bakauheni dan Ketapang - Gilimanuk," ujarnya lewat pesan singkat.

Baca juga: Kapolri: Transportasi Laut Alternatif Kurangi Kemacetan Arus Mudik

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya