Tertimbun Longsor, 12 Penambang Emas di Mandailing Natal Tewas

Suasana rumah duka korban tanah longsor di Mandailing Natal, Sumut.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ B.S. Putra (Medan)

VIVA – Tanah longsor terjadi di lokasi penambangan emas tradisional di Desa Limabung Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, Kamis sore, 28 April 2022. Akibatnya, 12 penambang tertimbun hingga meninggal dunia.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Peristiwa longsor tersebut, terjadi pada pukul 15.30 WIB. Menerima laporan tersebut, petugas dari Polres Madina, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina dan dibantu warga melakukan evakuasi korban dari lokasi kejadian. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Madina, Habib Lubis menjelaskan penambangan emas tradisional dengan melakukan pengalih lubang untuk mendapatkan butiran emas. Namun, nahas lubang tersebut longsor dan menimbun penambang tersebut.

Dugaan Korupsi Rp 8 Miliar, Kejari Medan Tahan Eks Dirut RSUP Adam Malik

Bencana Tanah Longsor. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

"Akibat longsoran tebing lubang dompengan tersebut 12 orang meninggal dunia. Sedangkan 2 orang berhasil keluar dari lubang dan selamat," ujar Habib, Jumat subuh, 29 April 2022.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Kemudian, korban selamat melaporkan kejadian tersebut kepada warga. Lalu diteruskan kepada petugas kepolisian setempat dan dilakukan evakuasi seluruh korban. Evakuasi selesai  sekitar pukul 17.00 WIB.

"Saat ini, korban meninggal dunia maupun korban selamat, sudah berada di kediaman masing-masing untuk semayamkan di rumah duka," ucap Habib.

Habib mengatakan tim gabungan akan melakukan pengecekan kembali lokasi kejadian untuk memastikan tidak ada lagi korban tertimbun tanah longsor di lokasi kejadian, yang jauh dari pemukiman warga itu.

"Kondisi di TKP sangat gelap dan sangat jauh dari pemukiman. Sehingga Polsek Lingga Bayu beserta pers akan melakukan pengecekan TKP hari Jumat ini," ujar Habib.

Begitu juga, Polres Madina melakukan penyelidikan untuk mengetahui persis penyebab peristiwa itu dengan meminta keterangan korban selamat dan akan melakukan olah TKP.

Berdasarkan data dihimpun VIVA, seluruh korban tewas adalah perempuan yang berstatus ibu rumah tangga. Belasan korban tewas ini, merupakan warga Desa Limabung dan Desa Simpang Bajole Kecamatan Lingga Bayu,

Berikut ini data 12 penambang emas tewas tertimbun tanah longsor di Kabupaten Madina:

1.Nelli Sipahutar (55)
2.Kana (40)
3.Hurhayati (49)
4.Lesma Suriani Rambe (36)
5.Nurlina Hasibuan (38)
6.Irma Pane (39).
7.Sarifah Nasution (51)
8.Amna Pulungan (36)
9.Nur Ainun Pane (42)
10.Nur Jaya Sari Pulungan (35)
11.Nur Afni Lubis (37)
12.Nur Lina Batubara (45)

Dua korban selamat :
1.Nirwansyah Lubis (20)
2.Sapridah  Lubis (46)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya