Minat Mudik Tinggi, Pemerintah dan Swasta Kolaborasi Siapkan Posko

Menhub Budi Karya Sumadi saat di posko mudik.
Menhub Budi Karya Sumadi saat di posko mudik.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Minat masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya guna merayakan Lebaran Idul Fitri tahun ini cukup tinggi. Pemerintah memprediksi lebih dari 80 juta orang akan menjalani tradisi mudik 2022.

Mengantisipasi animo masyarakat yang tinggi, pemerintah bersama pihak swasta gencar menyiapkan posko mudik. Salah satunya yang dilakukan Enesis Group dengan berkolaborasi bersama Kementerian Perhubungan atau Kemenhub.

Chief Sales & Marketing Officer Enesis Group, Ryan Tirta Yudhistira menjelaskan tingginya minat masyarakat karena dalam dua tahun sebelumnya aktivitas mudik ke kampung halaman terhambat. Dengan dilonggarkan aturan untuk mudik tahun ini, tampak antusiasme masyarakat tinggi.

Ryan mengatakan pihaknya menggandeng Kemenhub menyiapkan posko mudik di sejumlah titik di Pulau Jawa. Posko yang diinisiasi Enesis Group itu juga sampai arus balik di sejumlah titik yang dimulai sejak 25 April hingga 8 Mei 2022.

"Posko mudik lebaran kali ini menyediakan layanan dan fasilitas kebutuhan prokes bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan sehingga pemudik aman dan nyaman," kata Ryan, dalam keterangannya yang dikutip pada Jumat, 29 April 2022.

Dia menambahkan, pada Kamis kemarin, Enesis bersama Kemenhub ikut memberangkatkan mudik gratis. Saat itu, Ryan mewakili Enesis memberikan 65.000 healthy kit kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi. Momen itu disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.