Minat Mudik Tinggi, Pemerintah dan Swasta Kolaborasi Siapkan Posko

Menhub Budi Karya Sumadi saat di posko mudik.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Minat masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya guna merayakan Lebaran Idul Fitri tahun ini cukup tinggi. Pemerintah memprediksi lebih dari 80 juta orang akan menjalani tradisi mudik 2022.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Mengantisipasi animo masyarakat yang tinggi, pemerintah bersama pihak swasta gencar menyiapkan posko mudik. Salah satunya yang dilakukan Enesis Group dengan berkolaborasi bersama Kementerian Perhubungan atau Kemenhub.

Chief Sales & Marketing Officer Enesis Group, Ryan Tirta Yudhistira menjelaskan tingginya minat masyarakat karena dalam dua tahun sebelumnya aktivitas mudik ke kampung halaman terhambat. Dengan dilonggarkan aturan untuk mudik tahun ini, tampak antusiasme masyarakat tinggi.

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Ryan mengatakan pihaknya menggandeng Kemenhub menyiapkan posko mudik di sejumlah titik di Pulau Jawa. Posko yang diinisiasi Enesis Group itu juga sampai arus balik di sejumlah titik yang dimulai sejak 25 April hingga 8 Mei 2022.

"Posko mudik lebaran kali ini menyediakan layanan dan fasilitas kebutuhan prokes bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan sehingga pemudik aman dan nyaman," kata Ryan, dalam keterangannya yang dikutip pada Jumat, 29 April 2022.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Dia menambahkan, pada Kamis kemarin, Enesis bersama Kemenhub ikut memberangkatkan mudik gratis. Saat itu, Ryan mewakili Enesis memberikan 65.000 healthy kit kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi. Momen itu disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Budi menyampaikan terima kasih kepada Enesis yang mendukung Kemenhub dalam mudik 2022 dengan menyiapkan posko yang aman sesuai prokes. Menurut dia, hal ini penting karena masih pandemi COVID-19 sehingga kebiasan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan bisa terbantu.

Dia menceritakan saat Natal dan Tahun Baru, Kemenhub juga membagikan 95.000 paket healthy kit. Tak hanya transportasi darat, healthy kit itu juga dibagikan untuk pemudik yang menggunakan jasa transportasi udara dan laut.

"Posko mudik ini pun diharapkan dapat mendukung masyarakat agar terbiasa menerapkan protokol kesehatan di titik titik jalur mudik lebaran kali ini,” ujar Budi.

Posko yang disiapkan nanti antara lain di Terminal Jatijajar Depok, Teminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Pelabuhan Merak Banten, Pelabuhan Bakauheni Lampung, rest area SPBU Utama Raya Jawa Timur, Terminal Tirtonadi Solo, Terminal Purabaya Surabaya, hingga Sabda Alam, Garut

Merujuk, survei Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenhub, lebaran Idul Fitri tahun ini diprediksi sekitar 85,5 juta orang yang akan mudik ke kampung halaman. Jumlah pemudik terbanyak nanti diperkirakan dari Jawa Timur yaitu 14,6 juta orang. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya