Gempa 4,8 Magnitudo Goncang Lombok Akibat Subduksi Lempeng Australia

Peta gempa Lombok
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa bumi 4,8 magnitudo terjadi di Lombok, pukul 02.25 Wita, Sabtu, 30 April 2022. Gempa berlokasi di laut pada jarak 92 kilometer arah selatan Kota Praya, Lombok Tengah pada kedalaman 50 km.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi, mengatakan kekuatan kekuatan gempa telah dimuktahirkan menjadi 4,8 magnitudo. Gempa yang berlokasi di 9,75 lintang selatan dan 116,27 bujur timur, akibat aktivitas subduksi lempeng Australia.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust fault)," kata Ardhianto melalui keterangan pers.

Turis Australia Ngeluh Terjangkit DBD di Bali, Menkes Bilang Harusnya Bersyukur

Gempa bumi terasa di seluruh kota dan kabupaten di Lombok. Wilayah Lombok Timur, Lombok Barat, Mataram dengan skala intensitas III MMI atau serupa seperti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran truk berlalu.

Sementara di daerah Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa Barat dengan skala intensitas II MMI atau  getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Media Asing Sebut Penampilan Timnas Vietnam Jauh di Bawah Indonesia: Sangat Kontras

"Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, dan belum ada gempa susulan," ujarnya.

Meskipun demikian, BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai bangunan yang rawan roboh saat gempa.
 

Ilustrasi - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024