Imbas One Way Diperpanjang, Exit Tol Banyumanik Macet Malam Ini

Kemacetan di jalan tol Banyumanik Semarang, Sabtu malam 30 April 2022.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Arus kendaraan di tol Banyumanik Semarang, Sabtu 30 April 2022 malam ini terjadi kemacetan cukup panjang. Kendaraan dari arah Solo dibuang ke jalur arteri lewat exit tol Tirtoagung. Akibatnya antrean kendaraan memanjang sampai lebih dari dua kilometer.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Kemacetan ini merupakan imbas dari penerapan perpanjangan one way arus mudik, yang dilakukan dari gerbang tol Kalikangkung hingga ruas tol Semarang ABC. Kendaraan kemudian masuk lagi ke jalur normal setelah gerbang tol Banyumanik.

Namun karena di ruas Semarang ABC masih berlangsung one way, maka kendaraan dari arah barat atau Solo tidak bisa masuk ke ruas tol Semarang ABC. Arus kendaraan pun dibuang ke exit tol Tirtonagung yang hanya ada satu lajur saja. Kemacetan panjang pun tak terelakkan.

Catat! Ada Pengalihan Arus di Sekitar MK Hari Ini Kalau Gak Mau Macet

Kemacetan di jalan tol Banyumanik Semarang, Sabtu 30 April 2022.

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Manager Area Trans Marga Jateng yang mengelola tol Semarang-Solo mengatakan, hal ini karena imbas penerapan perpanjangan one way. Setelah pada sore hari kendaraan dialihkan ke jalur arteri Ungaran dan menyebabkan kemacetan, maka arus kendaraan kemudian dialihkan ke exit Tirto Agung.

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

"Ya ini memang imbas perpanjangan one dari Kalikangkung ke Banyumanik. Selama di ruas tol Semarabg ABC masih oneway, maka yang dari arah Solo ke Semarang tak bisa masuk. Solusinya kita arahkan ke wzit Tirto Agung," jelas Husni, Manager Area Trans Marga Jateng saat ditemui VIVA, Sabtu malam.

Ia menambahkan, untuk membuka kembali jalur masuk ke tol Semarang ABC, pihaknya menunggu instruksi, karena hal ini adalah diskresi kepolisian.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya