H-1 Lebaran Arus Mudik di Pelabuhan Merak Sudah Lancar, Faktanya?

Menko PMK Muhadjir Effendy saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Merak, Sabtu
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengklaim arus lalu lintas dari Jakarta menuju Pelabuhan Merak sudah mulai lancar, sejak Sabtu 30 April 2022, siang. Bahkan, kata Muhadjir Efendy, pemudik yang berangkat dari Jakarta pukul 07.00 wib, pukul 10.30 wib sudah masuk ke dalam kapal.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

"Misalnya dari Jakarta tadi berangkat jam 07.00 wib, jam 10.30 wib sudah masuk kapal, dan rata-rata sudah tidak perlu menunggu lama dan ini kondisi yang terakhir," kata Menko PMK, Muhadjir Efendy, di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu, 30 April 2022.

Muhadjir yang di dampingi Dirut PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi dan Sekjen Kemenhub, Djoko Sasono mengklaim arus lalu lintas dan penyebrangan di Pelabuhan Merak sudah kembali normal pada Sabtu siang. Mereka juga mengaku sudah melihat langsung kondisi pemudik di dalam dermaga pelabuhan. 

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

"Alhamdulillah pada siang hari ini untuk penyebrangan dari Merak ke Bakauheni sudah relatif normal. Tadi saya sudah turun ke lapangan didampingi Dirut (ASDP), Sekjen Kemenhub dan Gapasdap, ini tadi rata-rata mereka sudah tidak menunggu lama di tempat ini," terangnya.

Berbanding terbalik yang di alami Eko Marhaen, pemudik asal Tangerang yang berangkat Sabtu pagi, 30 April 2022, pukul 06.30 wib, dia baru bisa masuk ke Pelabuhan Merak sekitar pukul 13.00 wib.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Eko menerangkan dia dikeluarkan ke Gerbang Tol (GT) Serang Barat oleh polisi, karena terjadi kemacetan panjang di GT Merak. Kemudian dia melanjutkan perjalanan melalui jalan nasional yang membentang dari Kota Serang, Kabupaten Serang hingga Kota Cilegon.

"Mau ke Palembang. Masuk pelabuhan sekitar jam 13.00 wib. Dari rumah tadi jam 06.30 wib pagi. Di keluarin di exit tol Serang barat, lewat arteri terus sampai posisi sekarang. Mau balik ke Palembang sekeluarga," kata Eko Marhaen, melalui selulernya, Sabtu.

Kemudian berdasarkan data yang berasal dari Polda Banten pukul 11.00 wib, kepadatan di jalan tol Tangerang-Merak sejauh 8 kilometer atau hingga di KM90. Kemudian kepadatan di jalan arteri, berasal dari pertigaan Gerem hingga ke pelabuhan. 

Selain itu, Jalan Cikuasa Atas dijadikan kantung parkir dan diberlakukan buka tutup kendaraan. Kendaraan juga dikeluarkan melalui GT Cilegon Timur.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya