Cara Intelijen Negara Bantu Warga Bisa Mudik ke Sumatera

Vaksinasi pemudik di Pelabuhan Merak
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Memasuki hari-hari yang penuh dengan kesibukan mudik Lebaran, Badan Intelijen Negara (BIN) menerjunkan tim vaksinasi ke Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Banten, tim vaksinasi membuka Posko Kesehatan untuk melayani para pemudik yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera.

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Banten Brigjen Pol Hilman mengatakan, Posko Kesehatan tidak hanya melayani vaksinasi tapi juga memberikan pelayanan swab secara gratis. Hal ini untuk membantu pemudik untuk memenuhi persyaratan perjalanan sekaligus memastikan mereka memiliki kekebalan yang memadai.

“Pemudik di Pelabuhan Merak yang membutuhkan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma bisa datang ke posko kesehatan yang buka 24 jam. Kita melayani pemeriksaan kesehatan ringan, pertolongan pertama pada kecelakaan, atau bisa juga pemudik melepas lelah di Posko sembari meminta vitamin," kata Hilman, dikutip Minggu, 1 Mei 2022.

Kepala BIN: Kita Sangat Optimis, Tim Voli BIN Bisa Jadi Juara Proliga 2024

Dijelaskan Hilman, Posko Kesehatan hasil kerjasama dengan Dinkes Banten ini berada di antara Dermaga 4 dan 5. 

Selain di Pelabuhan Merak, Binda Banten juga masih menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 di sejumlah kabupaten dan kota di Banten. Di antaranya Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kota Serang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Kabinda Banten  mengingatkan masyarakat untuk terus meningkatkan imunitas tubuh dengan mengikuti vaksinasi hingga dosis tiga (booster). Vaksinasi Covid-19 akan melindungi diri, melindungi keluarga, meningkatkan imunitas tubuh.

“Lengkapi vaksinasi Covid-19 sampai dosis tiga (booster). Baik naik pesawat, naik bus, kendaraan pribadi akan ada pemeriksaan vaksin Covid-19. Bagi masyarakat yang sudah sampai dosis tiga, akan bebas melanjutkan perjalanan. Bagi yang belum, akan diminta untuk vaksin di tempat atau tes antigen hingga PCR,” jelasnya.

Baca juga: Tinjau Bandara Soetta, Menhub: Pergerakan Penumpang Naik 3 Persen

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya