Bandara Juanda Catat Nyaris 200 Ribu Orang Mudik, Puncaknya Jumat

Penumpang di Bandara Juanda.
Sumber :
  • Surabaya Post / Iwan Heriyanto

VIVA – Sebanyak 199.303 orang menggunakan layanan Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, selama enam hari masa mudik Lebaran tahun ini. Puncak lonjakan penumpang terjadi pada Jumat, 29 April 2022. Di hari itu, ada sebanyak 38.071 penumpang dalam sehari.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani mengatakan, sebenarnya pihaknya memprediksi puncak kenaikan penumpang terjadi pada Sabtu kemarin, yaitu sekira 37 ribu penumpang. Namun, ternyata perkiraan itu meleset. “Realisasinya Jumat menjadi yang tertinggi,” katanya kepada wartawan, Minggu, 1 Mei 2022.

Sisyani menuturkan, selama masa mudik Lebaran, jumlah penumpang per harinya naik sekira 60 persen. Disebutnya, rata-rata penumpang harian di tahun 2022 yang sudah berjalan adalah sejumlah 22.750 penumpang per hari. Sementara total penumpang yang dilayani selama periode posko mudik, rata-rata per harinya sebanyak 33.217 penumpang.

Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi

Sejumlah calon penumpang mencetak tiket di samping layar informasi penerbangan di terminal keberangkatan domestik 1B Bandara Internasional Juanda Surabaya, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis, 7 Februari 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

“Seperti pada umumnya arus mudik, dari total penumpang yang kami layani selama posko tersebut, didominasi oleh kedatangan domestik sejumlah 52.820 penumpang dan keberangkatan  domestik sejumlah 30.880 penumpang,” ujar Sisyani. 

Ini Sejumlah Potensi Kerawanan Saat Masa Mudik Lebaran yang Dipantau Polri

Dia menuturkan, peningkatan jumlah penumpang di Bandara Juanda terlihat signifikan terutama pada empat hari terakhir atau sejak Kamis 28 April 2022. Bila dirata-rata jumlahnya 35 ribu penumpang per hari, meningkat hampir 60 persen dibanding hari biasa yang hanya 22 ribu. 

Begitu pula dengan pergerakan pesawat. Sisyani menuturkan, selama enam hari terakhir pihaknya telah melayani sejumlah 1.509 pergerakan pesawat. Per hari rata-rata 250 pergerakan. Semula pihaknya memperkirakan jumlah tertinggi pada periode posko mudik adalah 240 pergerakan, namun realisasinya mencapai 280 pergerakan.

"Selama posko ini, dari 342 extra flight yang diajukan, sudah terealisasi sebanyak 82 flight atau sebesar hampir 24 persen," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya