Masmin Afif Jadi Imam-Khatib Salat Id yang Akan Diikuti Presiden

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Dr. H. Masmin Afif M.Ag
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Masmin Afif menjadi imam sekaligus khatib salat Idul Fitri di Gedung Agung, Yogyakarta, pada Senin, yang akan diikuti Presiden Joko Widodo.

Penghulu dan Penyuluh Dilibatkan Sebagai Aktor Resolusi Konflik Berdimensi Agama

Masmin Afif saat dihubungi di Yogyakarta, Minggu malam, 1 Mei 2022, mengaku dihubungi Protokol Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta tiga hari sebelum Presiden Joko Widodo tiba di Yogyakarta pada Sabtu. "Diminta persiapan ya insyaallah kami siap," ujar Masmin.

Menyampaikan khotbah secara langsung di hadapan Presiden Jokowi bakal menjadi pengalaman keduanya. Kesempatan serupa pernah ia dapatkan kala Presiden Jokowi melakukan kunjungan di Yogyakarta pada 2021 dan menunaikan salat Jumat di Gedung Agung.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengucapkan selamat Idul Fitri 1443 Hijriah.

Photo :
  • ANTARA

Menurut Masmin, Istana Kepresidenan memberi keleluasaan kepadanya dalam menentukan tema Khotbah Idul Fitri 1433 Hijriah di hadapan Kepala Negara.

Indosat Tetap Tenang meski Ada Lonjakan

"Materi sudah kami kirim ke Protokol Paspampres dan insyaallah sudah di-ACC. Kemarin diminta untuk direvisi untuk dipadatkan. Tadi pagi sudah kami kirim lagi biar (khotbah) tidak terlalu lama," kata dia.

Tema khotbah yang akan diangkat, kata Masmin, yakni "Solidaritas Sosial di masa Pandemi". Menurut dia, tema itu dipilih menyesuaikan dengan konteks Idul Fitri pada tahun 2022 yang masih dirayakan dalam suasana pandemi COVID-19.

Sementara Ramadhan yang sudah dilalui selama 30 hari merupakan sarana mengamalkan dan mengaktualisasikan nilai-nilai meliputi pengendalian hawa nafsu serta solidaritas sosial.

"Menjadi orang-orang yang bertakwa adalah bermanfaat untuk keluarga, lingkungan, dan masyarakat. Dan orang-orang yang bertakwa adalah orang yang bisa memberikan kontribusi positif terhadap suasana di sekitar kita," ujar Masmin Afif menjelaskan substansi khotbah.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi dari Jakarta, Minggu, memastikan bahwa Presiden Joko Widodo dijadwalkan melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Gedung Agung Yogyakarta pada Senin, 2 Mei 2022. Salat Id itu hanya akan dihadiri oleh kalangan terbatas. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya