Jasa Marga Buka Tol Gedebage Urai Penumpukan Pemudik Arah Cileunyi

Jasamarga membuka akses keluar Tol Gede Bage KM 149 Kota Bandung Jawa Barat untuk mengurai penumpukan kendaraan dengan tujuan rus tol Padaleunyi.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jasa Marga membuka akses keluar Tol Gede Bage KM 149 Kota Bandung Jawa Barat untuk mengurai penumpukan kendaraan dengan tujuan ruas tol Padaleunyi.

Naik Drastis! Ada 1,2 juta Orang Naik Angkutan Umum di Hari Terakhir Libur Lebaran

General Manager Representative Office 3 Jasa Marga Metropolitan Tollroad, Thomas Dwiatmanto menjelaskan, pemberlakuan ini untuk mengantisipasi kepadatan di jalan nasional Cileunyi yang mulai berdampak pada gerbang tol Cileunyi 2.

"Untuk mendukung transaksi di akses tersebut, Jasa Marga mengoperasikan mobile reader dan petugas tambahan," ujar Thomas kepada VIVA, Selasa 3 Mei 2022.

Harus 'Move On' dari Libur Lebaran, Saatnya Kembali Produktif

Jasa Marga.

Photo :
  • Jasa Marga

Lanjut Thomas, untuk memastikan pengguna jalan terinformasi dengan baik, Jasa Marga memberlakukan rambu petunjuk arah, rambu informasi, sosialisasi melalui Dynamic Message Sign (DMS).

Selain Konflik Iran-Israel, BEI Beberkan Faktor Lain Penyebab IHSG Anjlok Pasca-Lebaran

Jasa Marga mengimbau pemudik taat dan tertib mengikuti instruksi Pemerintah untuk menciptakan mudik aman, dan bertanggung jawab dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, serta persyaratan perjalanan. 

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bandung bakal memfungsikan akses KM 149 A ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi atau yang dikenal dengan Tol Gedebage 149. Akses tersebut diberlakukan secara situasional sampai H+7 10 Mei 2022 dari pukul 06:00-08:00 WIB.

Jika dalam waktu 30 menit antrean gerbang Cileunyi tidak tertangani, tim operasional JMTO Area Purbaleunyi akan segera menginfokan pada kepolisian untuk mengalihkannya ke akses Tol Gedebage KM 149. Selanjutnya diarahkan ke arteri Gedebage-Soekarno Hatta menuju ke Cileunyi atau Garut via Kamojang.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menambahkan, rekan-rekan di kewilayahan bisa terus menyosialisasikan pada masyarakat terkait akan difungsikannya exit Tol Gedebage ini.

"Harapannya teman-teman di kewilayahan terus mensosialisasikan ke masyarakat. Karena ini semua untuk kebaikan masyarakat yang lebih luas lagi. Untuk kendala-kendala di lapangan, sekarang sedang ditangani Pak Sekda (Ema Sumarna) dengan berkoordinasi bersama Sekda Provinsi Jabar," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya