Wisatawan Membludak di Titik Nol IKN, Petugas Sempat Kewalahan

Wisatwan membludak di titik 0 IKN.
Sumber :
  • VIVA/Jhovanda (Kalimantan Timur)

VIVA – Hari Lebaran ke-3 menjadi momen wisata yang memikat di lokasi titik nol IKN Nusantara. Kawasan yang sudah diresmikan menjadi lokasi pembangunan ibu kota yang baru, mendadak menjadi area wisata yang memikat. Pengunjung yang datang tidak hanya dari dalam Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) saja melainkan dari berbagai penjuru daerah Indonesia.

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Kasubdit BPBD Penajam paser Utara (PPU), Helena Lin Legi menyebut, pihaknya sempat kewalahan menjaga dan mengatur lalu lintas di titik nol IKN hari ini. Sebab, pengunjung membludak sejak pagi hingga petang.

“Dari pagi sampai sore jelang magrib tadi wisatawan di titik 0 IKN Nusantara tidak berkurang. Ada yang pulang, lainnya datang. Penjagaan ekstra ketat terutama dari wisatawan yang membuang sampah sembarangan,” ujarnya, Rabu, 4 Mei 2022.

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN

Presiden Jokowi dan Sejumlah Menteri Kabinet di Titik Nol IKN

Photo :
  • Sekretariat Presiden

Dijelaskan dia, sejak tangga 30 April hingga 3 Mei 2022, titik 0 IKN Nusantara ditutup untuk umum. Alasannya karena menghindari lonjakan di libur lebaran ke 1 dan 2. Tidak disangka, pada lebaran ke 3, pengunjung penuh sesak memadati area yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi ini.

Bahlil Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Tony Blair: Energi Baru hingga IKN

“Ramai, sesak, banyak dari pengunjung tampak membawa serta keluarga mereka dengan kendaraan roda 2 dan 4. Parkiran penuh sekali. Tapi untungnya semua pakai masker dan jaga jarak,” ujarnya.

Masuk kawasan titik 0 IKN Nusantara memang diketahui gratis. Tidak dipungut biaya apapun untuk sekadar bisa melihat-lihat tempat bersejarah pemindahan Ibu Kota Indonesia ini. Tak heran, setiap musim liburan tiba, kawasan ini tak kalah penuh sesak didatangi pengunjung.

“Luar biasa memang pengunjungnya, tapi kami juga meningkatkan kewaspadaan karena sampah-sampah yang berserakan di sana. Kami juga harus tetap mengingatkan pengunjung untuk kesehatan mereka, karena cuaca yang panas,” imbuhnya.

Pada sore hari pengunjung yang menikmati atau sekadar santai di kawasan titik 0 IKN Nusantara, semakin sesak. Pengunjung yang datang tidak hanya berswafoto di lokasi itu, tapi mereka juga menggelar piknik keluarga dan membawa makanan.

Salah satu pengunjung dari Jakarta menyebut, kesempatan mudik ke Balikpapan pada tahun 2022 ini adalah kesempatan emas menikmati IKN langsung dari titik 0.

“Kalau biasanya saya lihat IKN di TV sekarang langsung lihat aslinya. Beruntung sekali bisa kemari,” kata Rudini, pegawai salah satu Bank BUMN di Jakarta.

Sementara itu, Pendeta Lukas dari Tanjong Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara menyebut, pihaknya hadir ke IKN untuk memberi dukungan penuh atas keputusan Presiden Jokowi yang memindahkan ibu kota ke Kaltim.

“Kami bangga, Kaltim akan menjadi kota peradaban baru. Kami mendukung penuh pembangunan di titik 0 IKN ini, karena itu di kesempatan ini kami datang kemari,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya