H+2 Lebaran, Penumpang di Bandara Kualanamu Diperkirakan 14 Ribu Orang

Bandara Internasional Kualanamu
Sumber :
  • Angkasa Pura II

VIVA – PT Angkasa Pura II memperkirakan aktivitas penumpang mencapai 14 ribu orang pada arus balik di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Rabu 4 Mei 2022 atau H +2 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

"Diperkirakan pergerakan penumpang pada 4 Mei mencapai sekitar 14.000 penumpang dan jumlah ini akan meningkat hingga puncak arus balik 7-9 Mei," sebut Plt. Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu, Eri Braliantoro, Rabu malam, 4 Mei 2022.

Aktivitas penumpang saat arus mudik di Bandara Kualanamu.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra (Medan)
KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Kurun waktu 12 hari selama arus mudik atau dari tanggal 22 April hingga 3 Mei 2022. PT Angkasa Pura II mencatat aktivitas penumpang di Bandara tersebar di Sumatera Utara ini, mencapai 190.773 orang. 

"Dengan pergerakan pesawat sebanyak 1.625 penerbangan di Bandara Kualanamu Internasional," ucap Eri.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Eri mengungkapkan lima besar destinasi dari Bandara Internasional Kualanamu pada 22 April - 3 Mei 2022, yakni ke Cengkareng (Jakarta), Batam, Bandung, Kuala Lumpur, dan Yogyakarta.

"PT Angkasa Pura II dan seluruh stakeholder dapat berkolaborasi sehingga pelaksanaan arus mudik dapat berjalan dengan lancar dan kini bersiap menyambut arus balik," jelas Eri.

Eri mengatakan bahwa realisasi dari kolaborasi di antara stakeholder Bandara Internasional Kualanamu adalah penyesuaian pola operasional bandara dan maskapai, pengaturan slot time penerbangan, optimalisasi pergerakan pesawat di sisi udara (air side) bandara, kecepatan dan ketepatan penanganan penumpang di terminal, serta optimalisasi ground handling.

“Melalui kolaborasi tersebut, kami dapat mengakomodir tingginya permintaan pada angleb 2022 dengan tetap memperhatikan aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan, meskipun jumlah sarana tidak sebanyak saat kondisi normal sebelum adanya pandemi COVID-19,” jelas Eri.

Lancarnya penyelenggaraan angleb 2022 di Bandara Internasional Kualanamu tidak lepas dari komitmen seluruh staf PT Angkasa Pura II.

Eri mewakili PT Angkasa Pura II mengimbau agar para pemudik dapat melakukan perjalanan arus balik lebih awal sehingga tidak terkonsentrasi pada 7 - 9 Mei. Perjalanan lebih awal sangat membantu pergerakan penumpang pada arus balik terdistribusi dengan baik.

"Pada arus balik, PT Angkasa Pura II fokus pada kelancaran proses kedatangan penumpang antara lain pada pengaturan kedatangan pesawat, pengambilan bagasi atau baggage claim dan transportasi darat, yaitu bus, taksi dan sebagainya," kata Eri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya