Arus Balik dari Malang Sempat Macet, Contra Flow Diberlakukan

Arus Balik di Kota Malang Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA/ Lucky Aditya

VIVA – Arus balik dari Malang Jawa Timur, sempat mengalami kemacetan. Untuk itu, Polresta Malang Kota memberlakukan sistem contra flow di Jalan Raya Ki Ageng Gribig atau jalan menuju pintu masuk Tol Malang, di Kawasan Madyopuro, Kota Malang, pada Jumat, 6 Mei 2022. 

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

Rekayasa lalu lintas ini dilakukan untuk memecah kepadatan arus balik, sekaligus kepulangan wisatawan di masa liburan lebaran Idul Fitri ke arah Surabaya.

Kanitlantas Polsekta Kedungkandang, Kota Malang Ajun Komisaris Polisi Sutadi mengungkapkan, pemberlakuan contra flow dimulai sejak Selasa, 3 Mei 2022 dan akan berlangsung hingga Minggu, 8 Mei 2022. Contra flow dilakukan karena terjadi penumpukan kendaraan bernomor polisi luar Kota yang akan masuk ke Pintu Tol Malang.

Motor Listrik Ini Dapat Peningkatan Performa, Hadir Perdana di PEVS 2024

"Ini kita berlakukan sejak H+1 karena kita melihat arus kendaraan cukup padat yang akan masuk ke pintu tol Malang. Arus balik ini didominasi mereka yang datang dari Kabupaten Malang, Blitar, hingga Trenggalek yang akan kembali menuju Surabaya," kata Sutadi.

Sutadi mengungkapkan, bahwa puncak kepadatan arus balik menuju Surabaya di sekitaran Jalan Ki Ageng Gribik dimulai sejak pukul 15.00 hingga malam hari. Sebab, pada sore hingga malam para pemudik baru saja pulang dari rumah sanak saudara atau baru pulang berwisata di kawasan Malang Raya. Untuk itu, Contra Flow diberlakukan sejak siang hari hingga malam hari.

Praktik Jasa Pemalsuan Pelat Nomor Khusus 'ZZ' dan STNK Tarifnya Rp55-100 Juta

"Pengamatan arus balik tahun ini memang luar biasa karena masyarakat sudah 2 tahun tidak bertemu keluarga jadi sekarang berbondong-bondong. Itu terlihat mulai H-1 sampai sekarang mulai siang sampai malam hari. Mereka didominasi Plat L dan Plat W, kebanyakan selain mudik atau ke rumah saudara mereka juga banyak yang baru pulang dari berlibur ke Pantai," ujar Sutadi.

Sementara itu salah satu rombongan pemudik asal Blora, Jawa Tengah, Nunung Widodo mengaku datang ke Malang untuk mudik ke rumah saudaranya untuk bersilaturahmi pada momen Idul Fitri tahun ini. Dia memilih mudik pada H+4 lebaran demi menghindari kemacetan. Karena saat ini para pemudik mulai balik ke tanah perantauan usai mudik di kampung halaman. 

Mereka cukup antusias mudik ke Malang sebab, selama dua tahun pandemi COVID-19 mereka tidak bisa mudik ke Malang karena aturan pembatasan oleh Pemerintah.

"Ya mudik untuk silaturahmi dengan keluarga yang ada di Malang. Allhamdulilah ramai tapi lancar lewat tol terus mulai Gresik, berangkat dari Blora pukul 08.00 WIB sampai sini pukul 14.00 WIB," tutur Nunung.

Pantauan di lapangan, arus balik kendaraan lebih mendominasi ketimbang kendaraan yang keluar di pintu tol Madyopuro, Malang. Seperti data pada Rabu, 4 Mei 2022 kendaraan yang masuk sebanyak 8.566 unit dan kendaraan keluar tol sebanyak 10.359 unit. Lalu pada Kamis, 5 Mei 2022 kemarin, kendaraan masuk sebanyak 9.338 unit dan kendaraan keluar sebanyak 9.654 unit.

"3 hari ini memang mulai banyak kendaraan yang keluar masuk, kemarin itu saat saya jaga bahkan sampai antri di pintu tol. Ya karena mungkin ada kendala kartu macet atau seperti apa tapi setelah itu lancar, normal itu mulai siang sampai malam. Hari ini mulai landai kendaraan," kata salah satu petugas keamanan di Exit Tol Malang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya