Banyak Kasus Misterius, LIPI Diminta Bisa Ikut Pecahkan

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia / LIPI
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Hingga saat ini, di beberapa wilayah Indonesia, masih banyak kejadian non-sains yang menjadi misteri. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) diharapkan mampu ikut menuntaskan misteri itu. Termasuk jika memang harus berkolaborasi dengan pihak lain. 

Kisah Mistis di Pergudangan Ngagel Surabaya, Ada Sosok Medon Bersuara Mirip Burung

Direktur Lembaga Kajian Sosial Politik Mi6, Bambang Mei Finarwanto, mengatakan di NTB banyak kejadian mistis yang belum dapat dipecahkan secara sains. Terlebih lagi, nuansa mistis di NTB cukup kental, yang menjadi bagian dari kearifan lokal masyarakat setempat.

"Sehingga tak heran NTB kini menjadi salah satu destinasi idola untuk mencari figur-figur yang memiliki kekuatan supranatural, dan benda-benda kuno dan bertuah seperti mirah delima, kayu Sulaiman Rinjani, mustika Rinjani, senggeger," kata Didu sapaan akrabnya, Sabtu, 7 Mei 2022.

Selebgram Alami Hal Mistis di Tol Cikampek KM 58, Mencium Bau Bunga dan Lihat Sosok Misterius

Dengan adanya keterlibatan LIPI, Didu berharap itu bisa mempopulerkan cabang ilmu supranatural dan memiliki legitimasi yang lebih luas.

"Dari sisi entertainment, masyarakat awam dapat pengetahuan yang holistik menyangkut cara kerja secara sistematis ilmu-ilmu non sains tersebut, termasuk kegunaan dan khasiat benda kuno bertuah khas NTB," ujar Didu. 

442 Narapidana Lapas Sumbawa Besar Terima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 2024

Dia mengatakan, masyarakat Indonesia masih menyukai hal yang bersifat klenik. Seperti konten supranatural di media sosial. Dia menyarankan agar NTB atau daerah lain di Indonesia menggelar festival supranatural sebagai referensi pengetahuan.

"Apalagi konten yang bernuansa klenik masih sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena ada sesuatu yang dipandang tidak masuk logika. Di situlah daya tarik sesungguhnya, di mana sesuatu yang tidak masuk akal menjadi hal yang wajar dan lumrah jika dijelaskan metodologi cara kerja ilmu supranatural secara benar," jelasnya.

Didu mencontohkan, Lembaga Antariksa Amerika Serikat atau NASA saat ini sedang serius meneliti mengkaji hal-hal misterius lewat program SETI (Search for Extra - Terrestrial). Ini meneliti kehidupan ekstraterestrial.

Sehingga, LIPI diminta untuk bekerjasama dengan orang-orang yang memiliki kemampuan supranatural untuk memecahkan hal mistis menjadi refrensi pengetahuan.

Beberapa kasus misterius di NTB masih sangat melekat hingga kini seperti misteri Desa Besari, sebuah desa yang tiba-tiba menghilang di Lombok Utara dan diyakini sebagai desa gaib.

Lalu mitos Gunung Wayang di Lombok Tengah yang diyakini setiap yang berkunjung ke sana tanpa ritual adat, akan membawa malapetaka dan berakhir dengan kematian.

Atau misteri Lampan Lahat, sebuah fregmen pada wayang yang hanya dapat dimainkan oleh dalang yang telah paripurna, karena kental nuansa mistis. Masih banyak lagi misteri non sains yang belum dapat dipecahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya