Arus Balik Lebaran, Diperkirakan 51 Ribu Kendaraan Kembali ke Medan

Aktivitas Kendaraan di Gerbang Tol Tebing Tinggi
Sumber :
  • VIVA/ B.S Putra

VIVA – Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNTRD) memperkirakan sebanyak 51 ribu kendaraan akan kembali ke Kota Medan, Sumatera Utara melalui Gerbang Tol (GT) Tebing Tinggi, secara bertahap pada tanggal 7 dan 8 Mei 2022.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

"Diprediksi ada sebanyak 51 ribu kendaraan yang belum kembali ke Kota Medan. Akan kembali secara bertahap pada tanggal 7 dan 8 Mei 2022," jelas Pgs. Senior General Manager JNTRD, Taufiqul Hidayat, Sabtu 7 Mei 2022. 

JNTRD mencatat H +1 hingga H +3 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, terdapat 88 ribu kendaraan meninggalkan Kota Medan melalui Gerbang Tol Tebing Tinggi, meningkat 107 persen dibandingkan lalu lintas normal.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

"Pada H+3 Lebaran 2022 atau tanggal 6 Mei 2022. Tercatat sebanyak 17 ribu kendaraan keluar melalui GT Tebing Tinggi, meningkat 82 persen dibandingkan lalu lintas normal," ucap Taufiqul.

Kemudian, Jasamarga juga mencatat sejak tanggal 22 April hingga 1 Mei 2022 pada arus mudik Lebaran tahun ini, ada sebanyak 115,8 ribu kendaraan yang meninggalkan Kota Medan melalui GT Tebing Tinggi. 

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

"Diimbau kepada pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi waktu dan tanggal perjalanan kembali untuk menghindari kepadatan di jalan tol maupun saat transaksi di gerbang tol sehingga perjalanan tetap aman dan nyaman," kata Taufiqul.

Taufiqul mengatakan pihaknya juga sudah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi peningkatan volume lalu lintas. Baik dengan menyiapkan gardu reversible, menyiagakan petugas dan peralatan mobile reader, kesiapan rest area, maupun berkoordinasi dengan kepolisian untuk antisipasi rekayasa lalu lintas bila dibutuhkan.

Taufiqul mewakili Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk senantiasa memeriksa kecukupan saldo kartu elektronik dengan mempertimbangkan tarif jarak terjauh. Pastikan kesiapan diri dan kendaraan dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan. 

"Jika lelah, manfaatkan Rest Area untuk beristirahat, maksimal 30 menit. Demi keselamatan bersama, selalu patuhi aturan dan rambu-rambu yang berlaku, serta ikuti arahan petugas di lapangan," kata Taufiqul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya