Ribuan Warga Kendal Rayakan Tradisi Syawalan Hari Ini

Warga saat berziarah ke makam Kiyai Asy'ari pada perayaan Syawalan di Kendal.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Tradisi Syawalan atau Lebaran Syawal di Kaliwungu Kendal Jawa Tengah tahun ini kembali digelar, setelah dua tahun terhenti karena pandemi COVID-19.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Ribuan warga berziarah ke makam tokoh agama Kiai Asy’ari atau yang dikenal dengan Kiai Guru.

Tradisi Syawalan di Kaliwungu digelar sejak Sabtu, 7 Mei 2022 sore hingga Minggu, 8 Mei 2022 malam.

Indosat Tetap Tenang meski Ada Lonjakan

Pusat acara ada di makam kiai Guru di Bukit Jabal, Protomulyo, Kaliwungu Selatan pada Jumat sore.

Tradisi ini sebagai penghargaan kepada para tokoh agama atau alim ulama yang sudah mendahului, yang telah berjuang melakukan syiar agama Islam.

DPRD Provinsi Jambi Gelar Acara Halal Bihalal, Edi Purwanto: Semoga Kembali Fitri

Tradisi Syawalan ini sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat di Kabupaten Kendal dan sekitarnya. Syawalan merupakan salah satu tradisi religI yang diadakan pada setiap bulan Syawal, yaitu sepekan setelah hari raya Idul Fitri.

Panitia kegiatan sekaligus pimpinan pengurus Masjid Agung Al Istiqomah Kaliwungu, Asroi Tohir, mengaku bersyukur karena bisa menggelar lagi acara Syawalan setelah selama 2 tahun acara tersebut vakum karena adanya pandemi virus COVID-19.

"Kami berharap kepada masyarakat agar pada haul ini semakin hari semakin nyaman,  dan semakin mampu belajar nilai-nilai kebaikan dari para waliyullah, menghormati perjuangan dan meneruskan ajaran ajarannya," ujar Asroi Tohir yang juga panitia kegiatan tradisi Syawalan.

Puncak perayaan Syawalan di Kaliwungu digelar pada Minggu malam, di Alun-alun Kaliwungu dengan beragam acara seperti pasar malam dan lain-lain.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya