ODGJ Berkeliaran di Jayapura, Warga Mengeluh dan Takut

ODGJ
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Warga Sentani, Kabupaten Jayapura mulai mengeluhkan keberadaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang masih saja berkeliaran di jalan.

ODGJ Ngamuk di Cengkareng Mau Tikam Kakanya Sendiri, Ternyata Kabur dari Dinsos

Seperti yang dikeluhkan Frengki, salah seorang warga Sentani, ia menjelaskan, kalau ODGJ hampir tiap hari melintas di depan kantor tempat dia bekerja dengan membawa batu ataupun sampah.

“Sekarang ini saya lihat semakin banyak Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) jalan-jalan di Sentani ya. Ada satu orang mengganggu, iya mau melempar batu pada warga yang sedang jalan dan berdiri di jalan,” katanya, Minggu, 8 Mei 2022.

Detik-detik Mengerikan ODGJ Bacok Tetangganya Pakai Parang di Koja

Dengan berkeliarannya orang gangguan jiwa, ditakutkan mengganggu warga terutama pada saat ditempat keramaian seperti di depan supermarket, mengingat mereka berkeliaran dengan bebas dan nongkrong sembarang serta tidur di depan ruko-ruko.

“Saya sebagai masyarakat takut saja kalau ODGJ mengamuk, dan mengganggu karena kadang-kadang mereka sudah berada di depan kita mandar-mandir,”tuturnya.

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Frengki berharap agar ada tindak tegas dari pemerintah jangan menutup mata dengan fenomena seperti ini, jangan sampai ada kejadian buruk baru bertindak.

“Seharusnya ada tindakan, agar mereka tidak berkeliaran seperti di bawa ke keluarganya ataupun di bawa ke Rumah Sakit Jiwa agar masyarakat tidak was-was dengan keberadaan ODGJ,” harapnya.

Frengki mengaku dalam satu hari iya melihat ODGJ lebih dari tiga orang, mereka jalan-jalan setiap hari keliling kota Sentani. Bahkan dari mereka ini ada satu orang suka melempar batu atau mengganggu masyarakat pada saat berada di jalan maupun berbelanja.

“Kita harap pemerintah segara mengatasi orang dengan gangguan jiwa ini, sebelum ada korban penganiyaan dari mereka,”ucapnya.

Baca juga: Tukang Ojek Lapor Polisi Ngaku Ditipu Beli Ganja Ternyata ODGJ

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya