Zikir dan Tahlil Sambut Jenazah Lily Wahid di Tebuireng

Suasana pemakaman Lily Wahid di Pesantren Tebuireng Jombang.
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal.

VIVA - Zikir dan tahlil mengiringi kedatangan jenazah Lily Chodijah Wahid atau Lily Wahid di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, pada Selasa sore, 10 Mei 2022, sekitar pukul 15.45 WIB. Setelah dishalatkan, jenazah kemudian dimakamkan di pemakaman keluarga di kompleks pesantren.

Detik-detik Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jomo, Diduga Gegara Pecah Ban

Jenazah Lily Wahid saat di rumah duka, klaster West Covina, Kota Wisata Cibubur.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muha

Ribuan Pelayat Jejali Lokasi Pemakaman

Bus Bandung-Denpasar Terbakar di Tol Jomo, 36 Orang Penumpang Selamatkan Diri

Ribuan pelayat, dari tokoh, pejabat, santri, ulama, hingga warga biasa menjejali lokasi pemakaman. Terlihat di antara pelayat mantan Mendiknas era SBY Muhammad Nuh, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, penceramah kondang Gus Muwafiq, dan pejabat Forkopimda Jombang.

Awalnya, jenazah dikeluarkan dari mobil ambulans kemudian dimasukkan ke dalem kasepuhan selama 15 menit. Jenazah kemudian dibawa ke masjid pesantren dan dishalati. Shalat jenazah pertama dipimpin oleh Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin.

Diduga Bunuh Diri, Anton Bahrul Nekat Terjun ke Sungai Brantas

Baca juga: Adik Gus Dur Lily Wahid Dimakamkan di Tebuireng Jombang Pagi Ini

Kompleks Pemakaman Keluarga

Setelah selesai, baru jenazah dibawa ke kompleks pemakaman keluarga yang berjarak sekitar 50 meter dari masjid. Di situ sudah beristirahat dalam keabadian, di antaranya kakek Lily Wahid yang merupakan pendiri NU, KH Hasyim Asy’ari, KH A Wahid Hasyim, Gus Dur, Gus Sholah, dan beberapa anggota keluarga lain yang sudah mendahului.

Diberitakan sebelumnya, kabar duka datang dari keluarga mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid atau yang bisa disapa Gus Dur. Adik kandung almarhum Gus Dur yakni Lily Khodijah Wahid meninggal dunia hari ini, Senin 9 Mei 2022.

Informasi duka itu datang dari keluarga dan menyebar melalui pesan berantai di jejaring WhatsApp dan media sosial.

“Telah berpulang ke Rahamatullah Ibu Nyai Hj Lily Khodijah Wahid binti KH A Wahid Hasyim pada hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 16:28  di RSCM Jakarta. Jenazah akan disemayamkan di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Bogor. inshaa Allah jenazah akan dimakamkan di pesantren Tebuireng Jombang besok berangkat dari rumah duka besok selasa 10 Mei 2022 pukul 05:00 Mohon dimaafkan kesalahan Beliau semasa hidupnya,” demikian isi pesan beredar.

Irfan Asy'ari Sudirman Wahid atau Ipang Wahid menyampaikan bahwa Lily Wahid atau Lily Wahid meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat, pukul 16.25 WIB, Senin, 9 Mei 2022. Ipang menjelaskan almarhumah wafat karena sakit jantung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya