Halal Bihalal di Grahadi, Bupati Sumenep Pamer Mobil Listrik

Bupati Sumenep Ahmad Fauzi dengan mobil listrik dinasnya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Bupati Sumenep Ahmad Fauzi menghadiri acara Halal Bihalal Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama seluruh kepala daerah se-Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu, 11 Mei 2022. Kehadiran Ahmad Fauzi jadi perhatian karena menggunakan mobil listrik, Hyundai Ionic Electric.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Saat ini, dia mungkin satu-satunya kepala daerah di Jatim, bahkan di Indonesia, yang menggunakan mobil dinas jenis mobil listrik tersebut.

Mobil listrik yang ditumpangi Fauzi berwarna hitam dengan pelat nomor M 1 VP. Dia tiba di halaman Gedung Negara Grahadi sekira pukul 10.30 WIB. 

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Seperti umumnya motor atau mobil litsrik, tak ada suara mesin menderu begitu mobil jenis sedan itu parkir di titik yang ditentukan oleh petugas. Fauzi yang menggunakan batik dan blankon khas Keraton Sumenep itu kemudian turun lalu menuju lokasi acara.

Bupati Sumenep Ahmad Fauzi dengan mobil listrik dinasnya.

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal
Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu menyampaikan mobil listrik dipilih sebagai mobil dinas sesuai arahan Presiden Jokowi yang tertuang dalam Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. 

“Artinya saya ikut mengkampanyekan dan mensupport apa yang diharapkan bersama,” katanya.

Namun, dia mengatakan bukan semata karena arahan presiden yang membuatnya tertarik dengan mobil listrik. Fauzi menuturkan, mobil listrik penting karena berkaitan dengan ketahanan, efesiensi, konservasi energi, dan ramah lingkungan. “Tumpangannya juga tidak kalah dengan mobil lain," ujarnya.

Fauzi mengklaim dirinya sebagai kepala daerah tingkat kabupaten/kota pertama di Indonesia yang memanfaatkan mobil listrik sebagai mobil dinas. Menurutnya, kepada daerah harus memulai untuk menginspirasi warganya agar juga memakai kendaraan liatrik berbasis baterai. 

"Saya rasa sudah saatnya kita beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan,” tuturnya.

Untuk diketahui, sejak Perpres Nomor 55 Tahun 2019 terbit, beberapa kementerian dan pemerintah di daerah mulai melirik penggunaan mobil listrik sebagai mobil dinas. 

Pada 2020, Kementerian Perhubungan dikabarkan memesan 100 unit untuk keperluan dinas. Pun, di waktu hampir bersamaan, Pemprov Jabar juga resmi menggunakan mobil listrik sebagai mobil dinas. Mobil yang dipakai sama dengan yang digunakan Fauzi, yaitu produksi Hyundai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya